Partai Non Parlemen di Kalsel Kompak Daftar Bacaleg di Hari Terakhir | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 15 Mei 2023

Partai Non Parlemen di Kalsel Kompak Daftar Bacaleg di Hari Terakhir

BERITABANJARMASIN.COM - Sejumlah parpol non parlemen di Kalsel kompak mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg)nya di hari terakhir.

Dimulai dari Partai Hanura kemudian dilanjutkan Partai Ummat,  Perindo, PSI, Garuda, PKN dan Partai Gelora.

Terhitung sejak pagi hingga tengah malam, KPU menunggu pendaftaran partai politik. Sebagian Parpol mengatakan karena sedang mensinkronkan data di sistem SILON.

Hal ini pula yang membuat sebagian Parpol tersebut mengubah dari pagi, sore hingga tengah malah melakukan pendaftaran ke KPU Kalsel.
Khusus hari terakhir (14/5/2023) KPU Kalsel menerima berkas pendaftaran Parpol hingga pukul 23.59 Wita.

Ketua DPW Partai Gelora Kasel, Riswandi mengatakan pihaknya hanya mendaftarkan 47 bacaleg untuk berkompetisi di tujuh daerah pemilihan (Dapil).

Meskipun tidak memenuhi kuota 55 orang, ia mengatakan karena ada kendala sistem yang mengakibatkan sejumlah bacaleg terpaksa batal mencalon karena tak dapat terverifikasi.

"Untuk keterwakilan perempuan 38 persen, 
kami optimis minimal 1 fraksi atau tujuh kursi setiap dapil," jelasnya.

Disisi lain, Partai Perindo yang diketuai Kasmili 
juga menyerahkan berkas ke KPU dan memenuhi komposisi keterwakilan perempuan yakni 34 persen. Pihaknya juga menarget semua dapil dapat terisi minimal 1 Dapil 1 Kursi.

Komisioner KPU Kalsel, Hatmiati mengatakan meskipun mepet waktu, total 18 partai politik sudah menyerahkaqn dokumen dukungan untuk mendaftarkan bakal calegnya di Pileg 2024.

Lanjutnya, setelah proses pendaftaran ditutup KPU kemudian melaksanakan pemeriksaan berkas tiap bacaleg di tiap Parpol dari tanggal 15 Mei hingga 23 Juni 2023 mendatang. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner