Komisi III DPRD Kalsel Pelajari Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 di DPRD DIY | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 24 Mei 2023

Komisi III DPRD Kalsel Pelajari Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 di DPRD DIY

BERITABANJARMASIN.COM - Yogyakarta – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) laksanakan studi komparasi ke DPRD Provinsi D.I Yogyarkarta dalam rangka sharing dan memperbanyak materi terkait Pengendalian Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) serta Pengelolaan Persampahan, senin (22/05).

Rombongan studi komparasi tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Kalsel, H. Gt. Abidinsyah, S.Sos., M.M. Dirinya mengatakan di Kalimantan Selatan juga mempunyai pengelolaan limbah, kita harus sedikit belajar mengenai masalah sampah dan limbah B3 ke DIY agar bisa melihat perbedaan cara pengelolaan nya karena kita tidak bisa melihat dari segi daerah kita sendiri. 

"Semoga apa yang didapatkan di DIY dapat menjadi perbandingan mengenai masalah pengelolaan sampah dan limbah B3 ini. Apalagi di sini cukup terlihat banyak sampah yang sudah dikelola sehingga kita harus mengetahui pengelolaan nya seperti apa saja,” harapnya.

Lebih lanjut, Gusti Abidinsyah mengungkapkan bahwa Provinsi Kalsel sendiri untuk masalah pengelolaan sampah dan limbah B3 ini sudah ada perda nya, tinggal dilihat apa yang harus di revisi dari perda tersebut. Kalau tidak ada yang direvisi maka akan kita pertahankan dan tingkatkan,ujarnya.

Ditambahkannya, untuk memulai pengelolaan ini harus diawali dari regulasi (peraturan) pemerintah terlebih dahulu apakah sudah dijalankan dengan baik setelah itu baru kemasyarakat, sekarang ini pengelolaan sampah sudah menjadi kepedulian semua masyarakat yang ada di Kalsel. 

"Karena masalah pengelolaan sampah selalu berkembang, masyarakat harus mengubah pola pemikiran tentang sampah dan limbah B3 ini sebagai sesuatu yang memiliki nilai agar bisa dilakukan pemanfaatan karena masih ada dampak positifnya apabila dikelola dengan baik," tutupnya.

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner