Dispersip Banjarmasin Genjot Penambahan Pustakawan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 20 Mei 2023

Dispersip Banjarmasin Genjot Penambahan Pustakawan

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Banjarmasin terus genjot penambahan pustakawan disetiap perpustakaan.

Kepala Dispersip Kota Banjarmasin, Ikhsan Alhaq mengatakan bahwa idealnya setiap daerah memiliki 300 pustakawan.

"Sementara kita hanya memiliki sekitar 20 pustakawan," sebutnya, Jumat (19/5/2023).

Angka tersebut ujar Ikhsan sangat minim dengan ideal yang seharusnya dipunya. Terlebih pustakawan saat ini merangkap menjadi guru pengajar di sekolah.

Sehingga hal itu menjadi atensi bagi pihaknya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pada perpustakaan terutama pada Sumber Daya Manusia (SDM).

"Secara bertahap kami akan penuhi ideal pustakawan," ujarnya.

Untuk itu lanjutnya pustakawan bisa mengetahui dan memahami tugasnya. Tidak hanya standby di perpustakaan, namun lebih menjalankan tugas dalam meningkatkan literasi di kota seribu sungai tersebut.

Mengingat Banjarmasin memiliki jumlah literasi tertinggi se Kalsel. Dimana saat ini pihaknya tengah menggenjot calon pustakawan melalui Bimtek ke 150 orang yang memenuhi syarat.

"Ini menjadi PR kami dalam pengembangan perpustakaan," ucapnya.

Selain itu, tambahnya pihaknya terus menjalankan perpustakaan keliling ke beberapa titik kota. Hal itu diharapkan bisa meningkatkan minat baca bagi masyarakat terutama anak - anak untuk mengatasi ketergantungan gadget. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner