Disbudporapar Banjarmasin Upayakan Perbaikan Kawasan Wisata Kuin Kacil | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 16 Mei 2023

Disbudporapar Banjarmasin Upayakan Perbaikan Kawasan Wisata Kuin Kacil

BERITABANJARMASIN.COM - Sempat viral di 2021, kondisi kawasan wisata Kuin Kacil Kelurahan Mantuil Banjarmasin Selatan memprihatinkan.

Pondasi roboh hingga membelah titian yang mempersulit wisatawan untuk menikmati kawasan ikonik itu. Ditambah atap gazebo satu persatu hilang akibat angin kencang. Serta permainan yang menjadi spot foto juga sudah rusak memperburuk keadaan.

"Sudah lama kerusakan ini, namun kami upaya perbaikan sendiri melalui tambal sulam," papar Ketua RT 14 Kuin Kacil Kelurahan Mantuil Banjarmasin Selatan, Senin (15/5/2023).

Ipansyah menyampaikan jumlah kunjungan menurun drastis dari tahun sebelumnya. Dimana kunjungan sebelumnya mampu mencapai ribuan wisatawan yang datang.

Namun saat ini hanya dikisaran belasan pengunjung itupun tidak lama, sebab tidak bisa menikmati kawasan wisata ikon tersebut. "Kami sudah berupaya memperbaiki sendiri dari pengelolasn tiket kunjungan," ucapnya.

Tetap saja ujar Ipansyah tidak bisa menutupi kerusakan yang terus bertambah dimasing - masing peralatan permainan maupun pondasi.

Kerusakan sendiri, menurutnya selain kawasannya berada di persawahan yang rawan kebanjiran. Ditambah kondisi cuaca ekstreme terutama belakangan ini. "Jadi kerusakan tidak bisa diatasi lagi," katanya.

Ia juga mengungkapkan dengan kondisi memprihatinkan tersebut sangat berdampak pada perekonomian UMKM warga sekitar.

Untuk itu, ia pun berharap akan ada bantuan dari pemerintah untuk pembenahan. Meski diakuinya pengelolaan merupakan tanggung jawab pihaknya, namun dengan banyaknya kerusakan membuat Pokdarwis tidak bisa sepenuhnya memperbaiki secara keseluruhan. "Mudah - mudahan ada bantuan dari pemerintah," harapnya. 

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pariwisata Disbudporapar, Fitriah mengatakan pihaknya akan berupaya membantu perbaikan kawasan wisata tersebut.

Meski pengelolaan objek wisata tersebut bukan tanggung jawab pihaknya. Dimana sepenuhnya menjadi tanggung jawab Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). "Salah satu bentuk dukungan pemkot dibangunnya dermaga," tutupnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner