Terkendala SDM, Puskesmas Mantuil Banjarmasin Belum Beroperasional | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 05 April 2023

Terkendala SDM, Puskesmas Mantuil Banjarmasin Belum Beroperasional

BERITABANJARMASIN.COM - Terkendala Sumber Daya Manusia (SDM), operasional Puskesmas Mantuil Banjarmasin Selatan, masih belum bisa dilaksanakan di bulan ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Muhammad Ramadhan mengatakan pihaknya menargetkan operasional puskesmas Maret lalu. 

"Perekrutan ternyata harus berkoordinasi dulu dengan Menpan RB dan pimpinan," ucapnya, Selasa (5/4/2023).

Padahal menurut Ramadhan, pihaknya sudah menganggarkan untuk perekrutan tenaga kesehatan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Namun jika mengacu pada ketentuan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), perekrutan tidak bisa dilakukan dinas langsung karena harus masuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dulu.

Sedangkan tenaga kesehatan yang ada pun tak bisa dilakukan pergeseran karena dikhawatirkan akan menyebabkan kekurangan di puskesmas lainnya. "Yang ada saja mereka kewalahan. Apalagi kalau di relokasi," katanya.

Puskesmas yang boleh melakukan perekrutan pun lanjutnya hanya puskesmas yang berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). 

Dimana nantinya, penempatan tenaga kesehatan di Puskesmas Mantuil berasal dari rekrutmen di Puskemas Pekauman.

"Selama belum ada izin pengoperasionalan maka pengelolaanya dibawah kendali puskesmas Pekauman," jelas ia.

Adapun saat ini perekrutan untuk tenaga kesehatan di puskesmas sudah berjalan dan akan selesai di pertengahan April ini. 

Diperkirakan setelah menjalani masa orientasi sehabis lebaran nanti. Tenaga kesehatan sudah bisa ditempatkan di Puskesmas Mantuil. (arum/maya)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner