FEATURE: Ramadhan, Masjid Al Jihad Banjarmasin Sediakan 2.000 Porsi Buka Puasa Setiap Hari | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 12 April 2023

FEATURE: Ramadhan, Masjid Al Jihad Banjarmasin Sediakan 2.000 Porsi Buka Puasa Setiap Hari

Nuansa Ramadhan begitu terasa di Masjid Al Jihad Banjarmasin. Menjelang maghrib, 
puluhan panitia laki-laki tampak sibuk mempersiapkan menu berbuka untuk para jemaah. 

Maya Andriani, Banjarmasin | BeritaBanjarmasin.com

Kegiatan di masjid tampak ramai, di bagian ruangan pojok masjid puluhan panitia laki-laki tengah sibuk menyiapkan takjil berbuka untuk para jemaah.

Masing-masing dari mereka sibuk melaksanakan tugasnya masing-masing. Ada yang sibuk memotong kue takjil dan menyiapkan kurma. 

Disisi lain beberapa orang sibuk menyiapkan peralatan makan dan menuangkan makanan ke mangkok-mangkok serta mengisi minuman ke gelas yang tersedia.

Setelah semua siap, para panitia kemudian membawa makanan saji itu ke halaman mesjid dan disusun dengan rapi. Hal yang sama juga dilakukan di bagian lantai dua Masjid Al-Jihad, di sana khusus bagi para jemaah perempuan mempersiapkan dan melaksanakan buka puasa bersama. 

Pembina Takbir Masjid Al Jihad, Taufik Hidayat menyampaikan buka bersama ini menjadi agenda tahunan dengan ciri khasnya bubur ayam.

Pada Ramadhan 1444 H ini kata dia Mesjid Al Jihad menyediakan sekitar 24 termos bubur per harinya. Setiap satu termos dapat menghasilkan 80-90 porsi. "Setiap hari rata rata 2.000 jemaah yang ikut berbuka puasa disini," ucapnya.

Sedangkan untuk sunat tarawih bisa mencapai 3.000 jemaah yang ikut melaksanakan shalat di Masjid Al-Jihad.

Adapun sumber dana yang digunakan untuk berbuka puasa ini diperoleh dari para donatur yang merupakan jemaah Masjid Al-Jihad Banjarmasin dengan anggaran Rp630 juta lebih. "Setip harinya bisa menghabiskan Rp20 juta hingga Rp23 juta untuk menu berbuka puasa," katanya.

Selain itu, lanjutnya, Mesjid Al Jihad juga menyediakan sahur bersama pada 10 hari terakhir Ramadhan. 

Menurutnya antusias untuk mengikuti sahur bersama ini sangat tinggi, seperti pada ramadhan sebelumnya diikuti 600-700 jemaah yang datang dari berbagai penjuru daerah Kota Banjarmasin. 

"Sebagian ada yang langsung bermalam dan menjalankan shalat malam hingga berbuka dan shalat subuh di Masjid Al Jihad," paparnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner