Revisi Tatib DPRD Kalsel, Bappeda Diusulkan Masuk Mitra Kerja Semua Komisi | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 03 Maret 2023

Revisi Tatib DPRD Kalsel, Bappeda Diusulkan Masuk Mitra Kerja Semua Komisi

BERITABANJARMASIN.COM - Panitia Khusus (Pansus) IV DPRD Kalsel menggelar rapat pembahasan Raperda revisi Perda Nomor 1/2019 tentang Tata Tertib (Tatib), di ruang Komisi II DPRD Kalsel, Rabu (1/3/2023).

Ketua Pansus dimaksud, M Yani Helmi mengemukakan dalam tatib ini ada beberapa poin yang dibahas. Salah satunya terkait nomenklatur yang berubah. Ia mencontohkan seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang diusulkan masuk menjadi mitra kerja semua komisi. "Bappeda ini mitra kerja Komisi III, sementara komisi-komisi lain juga memerlukannya," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Yani, dalam tatib ini akan diatur semua Komisi boleh meminta Bappeda hadir pada setiap rapat sesuai keperluan dan pembahasan. 

Contoh lain, lanjut Yani, di Komisi II saat membahas ekonomi keuangan dan diperlukan pendapat Bappeda maka dalam tatib bisa dihadirkan tanpa menyinggung atau mengambil ranah Komisi III. 

Hal Ini, juga berlaku pada kehadiran Sekwan yang merupakan mitra kerja komisi I atau Rumah Sakit yang merupakan mitra kerja Komisi IV. Maka karena komisi lain juga perlu maka bisa memanggil sesuai pasal yang nantinya disepakati dalam tatib. 

Selanjutnya, Pansus akan melakukan konsultasi untuk menyempurnakan dan menguji tatib ini ke Provinsi Jawa Timur, Surabaya dan Provinsi Jawa Tengah, Semarang dalam waktu dekat.

"Barangkali ada hal yang terlewat di tatib atau memang belum ada. Kita akan selaraskan dan sesuaikan," tutupnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner