Kalsel Gerak Cepat Kendalikan HPAI Sub Type H5N1 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 03 Maret 2023

Kalsel Gerak Cepat Kendalikan HPAI Sub Type H5N1

Petugas melakukan pengecekan kesehatan pada unggas. Dok


BERITABANJARMASIN.COM - Dalam rangka kewaspadaan dan pencegahahan penyebaran Penyakit Highly Pathogenic Avian Influenza (HPAI) Sub Type H5N1 yang telah ditemukan di Kalimantan Selatan (Kalsel), yaitu di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dan Tanah Bumbu. 

Hal ini sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, sehingga Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Perkebunan Dan Petternakan (Disbunnak) berkoordinasi dengan Disbunnak kabupaten/kota dan Balai Veteriner Banjarbaru, serta Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Banjarmasin bergerak cepat kendalikan penyakit HPAI ini. 

Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi mengatakan, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan dan tindakan antisipatif untuk mencegah menyebarnya virus HPAI Sub Type H5N1 di Kalsel dan upaya meminimalisir kerugian ekonomi di masyarakat mengingat ternak yang terserang H5N1 ini adalah peternakan unggas rakyat. 

“Langkah-langkah yang sudah dilakukan yakni meningkatkan biosecurity dan biosafety dilokasi peternakan unggas, lingkungan sekitar kandang unggas, serta pasar unggas untuk mencegah semua kemungkinan penularan (kontak) dengan ternak tertular dan mencegah penyebaran virus,” ujar Suparmi.

Selanjutnya, dengan meningkatkan kesadaran masyarakat (public awareness) melalui   Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE).

Suparmi menyebutkan, Disbunnak juga meningkatkan pengendalian lalu lintas unggas dan produk asal unggas dengan mengaktifkan petugas Outbreak Investigation untuk melakukan surveilans dan penelusuran (tracing).

“Turut melakukan pembinaan kepada pemilik/peternak unggas terhadap kewaspadaan dan pelaporan jika ditemukan tanda klinis yang mengarah pada Avian Influenza yang dapat berupa penurunan produksi atau kematian mendadak,” ucap Suparmi.

Dilanjutkan Suparmi, serta melaksanakan koordinasi dengan Dinas Kesehatan di wilayah masing-masing terkait kewaspadaan dan pencegahan penyebaran kasus HPAI, dugaan kasus Avian influenza pada manusia dan melakukan penelusuran epidemiologi terpadu dengan instansi terkait termasuk Balai Veteriner Banjarbaru. MC Kalsel/scw

(Media Center Pemprov Kalsel)
Foto: Media Center Pemprov Kalsel

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner