Waspadai PMK, DKP3 Banjarmasin Lakukan Pengawasan dan Vaksinasi Hewan Ternak | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 17 Februari 2023

Waspadai PMK, DKP3 Banjarmasin Lakukan Pengawasan dan Vaksinasi Hewan Ternak

BERITABANJARMASIN.COM - Antisipasi penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK), Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) lakukan vaksinasi ke hewan ternak.

Medik Veteriner DKP3 Banjarmasin, Annang Dwijatmiko mengatakan pihaknya terus mengawasi dan meningkatkan vaksinasi terhadap ternak yang datang. "Sesuai permintaan pelaku usaha," terangnya, Jumat (17/2/2023).

Setiap hewan ternak yang datang ke Rumah Potong Hewan (RPH) akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan dan penyuntikan vaksin.

Jika terdapat hewan ternak yang menimbulkan gejala PMK, maka pihaknya akan meisolasi hewan ternak tersebut.  "Kami beri disinfektan kandang agar virus tidak menyebar," imbuhnya.

Ia juga menyampaikan setiap hewan ternak yang datang akan dikarantina setelah dilakukan pemeriksaan.

Kemudian, lanjutnya hewan yang sudah dinyatakan sehat maka akan langsung diserahkan ke pemilik. Hal tersebut tambahnya merupakan standar pencegahan penyebaran PMK yang bisa membahayakan hewan ternak. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner