Dukung Peningkatan Rasio Elektrifikasi Kalsel Dengan Program Bansos Pemasangan Instalasi Listrik | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 23 Februari 2023

Dukung Peningkatan Rasio Elektrifikasi Kalsel Dengan Program Bansos Pemasangan Instalasi Listrik

Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalsel, Isharwanto.


BERITABANJARMASIN.COM - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalsel akan kembali melaksanakan program bantuan sosial pemasangan instalasi listrik gratis yang ada di Kabupaten/kota pada tahun 2023.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalsel, Isharwanto mengatakan program ini merupakan program tahun 2021 dan baru terlaksana pada tahun ini.

“Pada tahun sebelumnya ada refocusing dana, sehingga baru dilaksanakan kembali pada tahun ini,” ucapnya, Banjarbaru, Kami (23/2/2022).

Ia menjelaskan program ini merupakan salah satu cara pemerintah, dalam meningkatkan rasio elektrifikasi di Kalselm dan hingga saat ini di Kalsel telah mencapai 99,5 persen. Lalu, pemasangan Instalasi listrik gratis ini dikhususkan kepada Rumah Tangga Miskin (RTM) dengan total yang akan dipasang sebanyak 800 buah.

“Untuk total pemasangan instalasi listrik sebanyak 800 buah di 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Banjar di Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Batola di Kecamatan Mandastana, Kabupaten Tanah laut di Kecamatan Kurau dan Kabupaten HSS di kecamatan daha barat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, jenis instalasi yang nantinya akan di dapatkan oleh RTM berupa listrik prabayar dengan kapasitas 900 Va bersubsidi. Hingga sekarang, program ini masih dalam tahap menyiapkan persiapan administrasi untuk melakukan pelelangan sebagai salah satu syarat.

“Dikarenakan program ini, memakai biaya yang cukup tinggi, maka nantinya akan diadakan lelang oleh Biro Pengadaan dan Jasa,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

(Media Center Pemprov Kalsel)
Foto: Media Center Pemprov Kalsel

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner