Dishut Upayakan Pencegahan Karhutla Sedari Dini | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 10 Februari 2023

Dishut Upayakan Pencegahan Karhutla Sedari Dini

Kepala Seksi Karhutla Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Bambang Winarto. MC Kalsel/Ar


BERITABANJARMASIN.COM - Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) merupakan suatu peristiwa terbakarnya hutan dan lahan, baik secara alami maupun yang dilakukan manusia yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan. BMKG menginformasikan bahwa musim kemarau akan berlangsung dari Mei hingga Juli 2023 mendatang.

Kepala Seksi Karhutla Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalsel, Bambang Winarto mengatakan, pihaknya mengupayakan pencegahan Karhutla sedari dini, khususnya di sekitar kawasan hutan.

“Maka dari itu, kami lebih gencar melakukan edukasi kepada masyarakat melalui sosialisasi dan penyuluhan pencegahan karhutla, serta pemasangan spanduk imbauan larangan membakar hutan dan lahan di wilayah rawan Karhutla,” ucap Bambang, di Banjarbaru, Jumat (10/2/2023).

Disampaikan Bambang, jajaran Dishut Provinsi Kalsel bersama Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) se-Kalsel difokuskan untuk melakukan patroli rutin, guna memantau titik api yang berpotensi rawan karhutla di sekitar kawasan hutan.

“Pemetaan terhadap area rawan Karhutla perlu dilakukan sebagai salah satu langkah dalam penanganan Karhutla,” lanjut Bambang.

Bambang mengingatkan, sinergitas dan kolaborasi antar instansi terkait, terutama jajaran TNI/Polri sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya Karhutla.

Bambang pun menyampaikan, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Desa Peduli Karhutla harus berperan aktif dalam mencegah karhutla dengan melakukan deteksi dini.

“Kami ingin MPA di setiap Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH), Desa Peduli Karhutla untuk menginstruksikan para pemegang izin dalam membuat tim penanggulangan Karhutla dengan sarana dan prasarananya yang memadai,” pungkas Bambang. MC Kalsel/Ar

(Media Center Pemprov Kalsel)
Foto: Media Center Pemprov Kalsel

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner