DPRD Kalsel Minta Pemprov Masif Tangani Mangrove | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 18 November 2022

DPRD Kalsel Minta Pemprov Masif Tangani Mangrove

BERITABANJARMASIN.COM - Mulai sedikitnya hutan mangrove yang berada di daerah membuat anggota DPRD Kalsel, M Yani Helmi buka suara.

Dirinya meminta pemprov bisa menganggarkan penanaman mangrove di kawasan Kabupaten Banjar, Tala, Tanbu dan Kotabaru. Hal ini kata dia telah disampaikan dalam rapat Banggar bersama TAPD Kalsel pada (16/11/2022) bahwa program rehabilitasi dan reboisasi hutan mangrove harus masuk dalam RAPBD 2023.

"Ini kita berbicara Kalsel, walaupun ada yang bukan dapil saya, itu harus tetap diperjuangkan," jelasnya.

Seperti daerah Batulicin kata Yani, air laut sudah naik kedaratan hingga enam kilometer. Selain itu juga di Tala, dua desa sudah tidak bisa ditempati akibat banjir. "Dua desa di Tala itu sudah tidak berpenghuni, yang ada hanya hamparan air," ucapnya. 

Sehingga kata Yani fungsi mangrove sebagai tumbuhan penahan arus air laut dan pencegah banjir rob sangat diperlukan bagi lingkungan hidup.

Yani pun khawatir Kalsel sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) tidak bisa terlaksana akibat tidak bisa mengatasi hama tungro juga ditambah banjir rob yang terus naik ke daratan dan merusak lahan pertanian serta perkebunan.

"Karena kita beri bibit ikan, tanaman hingga subsidi pupuk percuma saja jika sampai air laut naik," ujarnya.

Inilah terangnya perlu dicarikan solusi bagaimana penanganan mangrove secara masif dilakukan oleh kab/kota dan pemprov dapat bekerjasama dengan pusat dalam mengatasi permasalahan mangrove di Kalsel. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner