Banjir Rob, BPBD Banjarmasin Lakukan Pengawasan Ketinggian Air | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 30 November 2022

Banjir Rob, BPBD Banjarmasin Lakukan Pengawasan Ketinggian Air

BERITABANJARMASIN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin melakukan pengawasan ketinggian air di sejumlah kawasan yang sering terkena banjir rob.

Kepala BPBD Kota Banjarmasin, Husni Thamrin menyampaikan bahwa sesuai prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang diterimanya, akan terjadi pasang rob. Dimana beberapa hari belakangan ini air sudah mencapai ketinggian sekitar dua meter lebih.

Misalnya di kawasan Banjarmasin Barat seperti Kubah Habib Basirih, Belitung Selatan, Cendrawasih Kuin Cerucuk yang sampai 60 cm diatas permukaan air laut. "Pertama kali datang di Banjarmasin Barat karena air berasal dari Sungai Barito," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa ketinggian air akan terus bertambah hingga 30 cm yang diperkirakan terjadi pada malam kamis sebagai puncak naiknya air.

Untuk itu, ia pun kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama kawasan yang sering menjadi langganan banjir untuk waspada. Dengan mengamankan barang - barang berharga agar tidak hanyut akibat banjir rob yang masuk ke kawasan permukiman.

"Kami terus patroli mengawasi ketinggian air, dan bisa cepat membantu masyarakat bila dibutuhkan," jelas ia.

Selain itu, pihaknya juga memberikan pelatihan penanganan bencana ke 70 relawan agar tidak panik dan menjalankan tugasnya dengan baik saat melaksanakan misi sosialnya.

Dimana pelatihan tersebut turut diikuti oleh para relawan yang sebelumnya telah lama ikut aktif penanganan bencana. (arum/maya)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner