Kapal Pengangkut Oli Karam, Wali Kota Ibnu Sina Minta DLH Antisipasi Dampaknya | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 15 Agustus 2022

Kapal Pengangkut Oli Karam, Wali Kota Ibnu Sina Minta DLH Antisipasi Dampaknya

BERITABANJARMASIN.COMWali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengatasi dampak insiden karamnya kapal pengangkut oli di daerah Batola yang menyebar hingga ke aliran Sungai Barito.

Ibnu mengatakan harus gerak cepat agar limbah oli tersebut tidak menyebar dan masuk ke seluruh kawasan Sungai Martapura, terutama pada budidaya ikan yang menjadi usaha masyarakat sekitar. "Saya sudah perintahkan DLH untuk mengawal dan berupaya agar tidak menyebar luas," katanya, Sabtu 13/8/2022) 

Saat ini tindaklanjut telah dilakukan dengan pertolongan pertama menggunakan tanaman air enceng gondok. Dimana enceng gondok sengaja disebarkan di kawasan sungai yang terdampak, agar bisa menyerap. Sehingga oli bisa dibersihkan dan tidak mencemari sungai lebih luas lagi. "Jadi akar - akar enceng gondok bisa menyerap oli yang ada di sungai," ujarnya.

Mengingat kata Ibnu sungai merupakan urat nadi bagi warga kota yang sangat berguna untuk aktivitas sehari - hari untuk mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner