Diantara Sifat Teladan Abah Guru Sekumpul, Tidak Melawan Dan Mengadu Kesiapapun Ketika Disakiti Orang Lain | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 28 Juli 2022

Diantara Sifat Teladan Abah Guru Sekumpul, Tidak Melawan Dan Mengadu Kesiapapun Ketika Disakiti Orang Lain

 

Abah Guru Sekumpul ketika masih jadi santri di Martapura, beliau sangat cerdas dan selalu mendapat nilai yang tinggi. Beliau pun menjadi disayangi oleh para guru dan terkenal. Namun, prestasi beliau ini membuat beberapa kawan kawan beliau menjadi iri dan berencana ingin menyakiti Abah Guru Sekumpul kecil.

Peristiwa berawal ketika jam istirahat di pesantren beliau. Ada seorang kawan beliau yang bertanya kepada Abah Guru Sekumpul : "Zai, nama ayah dia itu siapa?". Abah Guru Sekumpul menjaawab : " nama ayahnya adalah nya si fulan". Tiba tiba kawan beliau yang merasa ayah nya disebut pun marah dan berkata : "Kamu menghina ayahku ya? awas nanti saat kamu pulang!". Padahal Abah Guru Sekumpul hanya sekedar menjawab pertanyaan kawan beliau. Rupanya kawan kawan beliau sudah bekerja sama untuk mencelakai Abah Guru sekumpul.

Ketika jam pulang, ternyata berpuluh puluh yang mencoba melukai beliau. Ada yang membawa kayu, pelepah nyiur, bahkan ada yang membawa duri salak dan pisau. Lalu Abah Guru Sekumpul dikeroyok. Abah Guru Sekumpul memilih lari dan tidak melawan. Hanya 1 yang ditangkis oleh beliau, yaitu serangan pisau. Sedangkan serangan dari benda benda tumpul tidak beliau tangkis. Sekitar 300 meter lebih baru Abah Guru Sekumpul bisa terlepas dari keroyokan kawan kawan tadi.

Namun, disini akhlaq abah Guru Sekumpul terlihat. Abah Guru Sekumpul ketika dirumah tidak mau mengadu kepada orang tua. Namun ketika dimalam hari, nenek beliau menyadari Abah Guru Sekumpul panas tubuhnya. Dibawalah Abah Guru Sekumpul ke tukang urut. Ketika membuka baju, baru terlihat badan beliau banyak memar dan luka karena keroyokan kawan kawan tadi.

Nenek beliau pun bertanya, kenapa jadi seperti ini? lalu beliau kisahkan kejadian pengeroyokan tersebut. Lalu ada keluarga beliau yang minta diberi tahu siapa saja yang mengeroyok tadi. Namun Abah Guru Sekumpul tidak mau menyebut namanya. Disinilah akhlaq Abah Guru Sekumpul, tidak mau mengeluh kepada makhluq, hanya mengadu kepada Allah.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=r7PLHJkeen4

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner