250 Sapi Kupang Tiba di Rumah Potong Hewan DKP3 Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 30 Juni 2022

250 Sapi Kupang Tiba di Rumah Potong Hewan DKP3 Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - H-10 jelang Hari Raya Idul Adha 1443 H, sebanyak 250 sapi dari Kupang datang di Rumah Potong Hewan (RPH) Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin.

Kepala UPT RPH DKP3 Kota Banjarmasin, Agus Siswadi menerangkan pihaknya bisa menerima kiriman sapi seperti biasa. "Namun tidak dari Jawa, kebanyakan dari Kupang," ujarnya, Rabu (29/6/2022).

Sapi yang datang itu pun sudah dilakukan tes kesehatan sebelum dikirim ke Banjarmasin. Bahkan masuk karantina di balai peternakan untuk kemudian dilakukan kembali cek kesehatan.

Ini bertujuan menghindari penularan virus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang saat ini masih mewabah. "Kalau di Jawa masih belum ada pengiriman, masih lockdown," imbuhnya.

Sementara itu, juragan sapi Rasidi Akhmad mengatakan pihaknya tidak mengalami kesulitan meski tidak bisa mendatangkan sapi dari Jawa.

Bahkan kata ia, harga yang diterima pihaknya masih standar dan tidak terjadi kenaikan signifikan meski virus PMK saat ini sedang mewabah. "Tidak bepengaruh ke harga, yang penting stok aman sesuai kebutuhan," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya masih memerlukan banyak stok sapi hingga ribuan ekor agar memenuhi kebutuhan masyarakat saat Hari Raya Idul Adha mendatang. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner