Sedikit Kisah Dibalik Peristiwa Datu Kalampayan Membetulkan Kiblat Masjid di Jakarta, Sempat Terjadi Kesalahpahaman | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 24 Mei 2022

Sedikit Kisah Dibalik Peristiwa Datu Kalampayan Membetulkan Kiblat Masjid di Jakarta, Sempat Terjadi Kesalahpahaman


Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari ketika selesai menuntut ilmu di Makkah, tidak langsung pulang ke Kalimantan Selatan. Beliau sempat singgah dulu kebeberapa tempat, salah satu nya singgah ke Betawi (Jakarta).

Ketika di Jakarta banyak beliau mengunjungi berbagai Masjid. Salah satu nya Masjid Jembatan Lima Jakarta. Namun beliau melihat kiblat masjid ini terlalu miring ke kiri. Lalu beliau sampaikan hal ini kepada tokoh masyarakat sekitar.

Tetapi, penyampaian beliau ini tidak mendapat sambutan semesti nya dari masyarakat dan hampir terjadi sedikit salah pengertian. Melihat kejadian ini, Datu Kalampayan pun berdiri di posisi kiblat yang benar menghadap jamaah. Lalu bliau acungkan jari beliau hingga tampak dicelah jubah beliau Ka'bah yang dilihat langsung oleh jamaah.

Suasana pun menjadi tenang. Malah masyarakat Betawi merasa senang karena Datu Kalampayan membetulkan kekhilafan mereka.

Kemudian, Masyarakat membuat sebuah memoria dalam bahasa Arab yang bertuliskan : "arah kiblat masjid ini dipalingkan ke kanan sebanyak 25 derajat oleh Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, pada 4 shafar 1186 H".

Selain masjid jembatan lima, beliau juga membetulkan kiblat masjid lain di Jakarta. Diantaranya adalah Masjid Pekojan dan Masjid Luar Batang.

Sumber : buku "Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari" tulisan Abu Daudi, sub judul "Membetulkan arah kiblat masjid jembatan lima " hal 34

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner