Kasus Penyakit Hepatitis Akut di Kalsel Belum Ditemukan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 11 Mei 2022

Kasus Penyakit Hepatitis Akut di Kalsel Belum Ditemukan

BERITABANJARMASIN.COM - Kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak, masih belum ditemukan di Kalsel. 

Hal itu disampaikan Direktur RSUD Ulin Banjarmasin Izzak Zoelkarnain Akbar. "Sampai hari ini untuk Rumah Sakit Ulin belum ada pasien itu," katanya, Selasa (10/5/2022). 

Dikatakan Izzak sampai saat ini WHO belum mengetahui jenis virus yang menyerang anak-anak tersebut, ia mengatakan jenis penyakit hepatitis yang memang sudah ada dari dulu merupakan penyakit yang menyerang organ tubuh yaitu hati. 

Ada beberapa jenis hepatitis yang sering ditangani para dokter yaitu hepatitis A,B,C,D, dan E, sedangkan hepatitis yang sedang melanda dunia tidak termasuk dalam lima hal tersebut.  "Sehingga disebut sebagai hepatitis yang belum diketahui sebabnya," ujarnya. 

Untuk memantau perkembangan kasus penyakit tersebut dari bagian ruang anak  setiap pagi menyerahkan laporan perkembangan kasus hepatitis. 

Adapun gejala yang dialami penderita hepatitis akut ini hampir mirip dengan yang dialami pasien dengan gejala hepatitis pada umumnya, seperti diare, mual dan muntah, badan demam dan lemas. 

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat apabila anak-anak ada yang mengalami gejala tersebut untuk segera memeriksakan ke puskesmas maupun rumah sakit terdekat. 

Karena diungkapkan Izzak apabila pasien tersebut tidak segera diobati, maka kasus selanjutnya anak tersebut kelopak matanya akan berubah warna menjadi kuning, kemudian urinnya berubah warna coklat tua dan warna fasesnya menjadi pucat. "Itu gejala yang sudah mengarah lebih lanjut atau cukup parah," ucap ia. 

Bahkan pasien dengan gejala yang parah akan mengalami penurunan kesadaran. Diduga penyakit tersebut ditularkan dari makanan dan saluran pernapasan. Untuk itu ia mengimbau agar selalu menjaga kebersihan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dengan sering mencuci tangan saat ingin mengkonsumsi makanan. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner