Jejak Sejarah Kantor Balaikota Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 13 Mei 2022

Jejak Sejarah Kantor Balaikota Banjarmasin

 


Kantor Balaikota Banjarmasin, berdiri megah di Jalan RE Martadinata Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin. Sebelumnya lokasi ini merupakan bekas pangkalan Angkatan Laut Jepang, era pendudukan Jepang bernama Office of Konan Kajun.

Kemudian pada masa awal kemerdekaan sekitar tahun 1960 bernama Komando Daerah Maritim/Kodamar. Pada masa Orde Baru Jl. RE Martadinata bernama Jl. Pelabuhan yang berbatasan Jl. Lambung Mangkurat.

Kodamar berawal dari Organisasi Komandemen Daerah Maritim Djakarta (KDMD) sampai tahun 1960. Selanjutnya tanggal 18 Oktober 1960 KDMD berubah menjadi Komando Daerah Maritim (Kodamar).

Kodamar yang semula 6 diperluas menjadi 10 Kodamar yang diantaranya Kodamar VI Banjarmasin. Januari 1970 nama Kodamar menjadi Komando Daerah Angkatan laut (Kodaeral).

Diperkirakan Kantor Kodamar mulai ditempati sebagai Balaikota Banjarmasin sejak tahun 1978 dimana pada tahun tersebut terdapat penyerahan tanah dari Menhankam Pangab melalui SKEP Menhankam Pangab, 16 Nopember 1978 tentang Penyerahan Tanah/Bangunan Eks. Kantor Kodamar- 6 di Banjarmasin.

Banjarmasin mulai berstatus Geemente (setingkat kotamadya) sejak tahun 1919. Tepatnya pada 1 Juli 1919 dibentuk Gemeenteraad (Dewan Kota) Bandjermasin.

Kantor Stads-Gemeente (Balai Kota) masih satu dengan kantor Asisten Residen di Jalan Heerengracht. Pada masa kemerdekaan jalan ini berubah nama menjadi Jalan Jawa dan Jalan DI Panjaitan (belakang bekas Kantor Gubernur Kalsel, Banjarmasin).

Setelah masuknya tentara pendudukan Jepang tahun 1942-1945, Kantor Stadgemeente Banjarmasin dipindahkan Jepang ke Toko Jerman Neuffer & Co yang sekarang menjadi bangunan Kantor DPRD Kota Banjarmasin.

Diperkirakan pada era ini (sebelum tahun 1978) Kantor Walikota Banjarmasin pindah dan menempati gedung di Jalan Lambung Mangkurat (Kantor DPRD) Kota Banjarmasin sekarang. Kemudian pada tahun 1978 pindah lagi ke Jalan RE Martadinata.

Foto : Idwar saleh, 1982/1983, Wikipedia.

Sumber artikel asli : https://www.instagram.com/p/CZCNefrvyXd/


Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner