Pekan Sedekah Sampah, Wali Kota Banjarmasin Galakkan Progam STBM | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 25 Maret 2022

Pekan Sedekah Sampah, Wali Kota Banjarmasin Galakkan Progam STBM


BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina memberi sambutan pada acara pekan hari sedekah sampah dengan tema "Sedekah Sampah Untuk Jamban Sehat," yang berlangsung di Lobby Balaikota Banjarmasin, Jum'at 25/3/2022.

Kegiatan tersebut turut dihadiri, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Wahyu Hardi Cahyono, Kepala BKD Diklat, Totok Agus Daryanto, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan statistik, Windiasti Kartika dan sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin serta forum Kota Sehat Banjarmasin.

H Ibnu Sina memaparkan kegiatan itu digelar selama sepekan, oleh karenanya, dalam sepekan tersebut dikumpulkan sampah-sampah yang ada di rumah maupun di kantor terutama yang anorganik berupa kertas, kardus, plastik dan lain sebagainya yang nantinya dihimpun dan diserahkan ke bank sampah.

"Forum Kota Sehat bersama-sama dengan pemerintah kota punya target sangat berat untuk menaikkan angka Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kita dalam rangka melihat sanitasi di Banjarmasin upaya untuk menghilangkan  jamban yang ada di Kota Banjarmasin, targetnya dalam 3 tahun ini ada 2000 jamban yang harus kita hilangkan, tentunya akan sangat signifikan untuk menaikkan angka sanitasi berbasis masyarakat," papar H Ibnu Sina.

Ia berharap sanitasi itu menjadi perhatian bersama-sama di samping nanti, ada program sedekah sampah dan juga ada program parking dari Dinas PUPR serta juga dari program CSR untuk menata sanitasi di Banjarmasin.

"Jadi mudah-mudahan tidak ada lagi jamban yang ada di pinggir sungai tetapi diganti dengan biofilter termasuk juga dengan program WC komunal di beberapa tempat, dari forum kota sehat sudah mendata per Kelurahan targetnya ada di 20 Kelurahan yang sudah terdata sehingga targetnya jelas untuk dihilangkan dan diganti dengan apakah 6 tutup biofilter atau pun juga dalam bentuk WC komunal," kata H Ibnu Sina. (Diskominfotik - Bjm).


 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner