FEATURE: Sukses Menjadi Petani, Sumanto Ajak Anak Muda Kalsel Menanam Jambu Kristal | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 25 Maret 2022

FEATURE: Sukses Menjadi Petani, Sumanto Ajak Anak Muda Kalsel Menanam Jambu Kristal

Tanaman jambu kristal menjadi pilihan budidaya yang menjanjikan dibandingkan dengan tanaman lainnya. Biaya operasional yang murah dan perawatan yang terbilang mudah membuat sebagian petani memilih menanam jambu kristal.

Fitriyani, Banjarmasin | BERITABANJARMASIN.com 

Seorang petani jambu kristal, asal Kabupaten Tanah Laut, Kota Pelaihari, Sumanto mengatakan, bertani jambu kristal sangat menguntungkan. Dia mempunyai sekitar 800 pohon jambu kristal yang ditanam pada lahan seluas dua hektare dan sekarang menjadi agrowisata jambu kristal Pelaihari. 

"Jadi tidak usah sulit, kita memiliki kisaran 50 atau 100 batang di lahan yang tak perlu luas yang bisa dikerjakan dengan paruh waktu untuk sampingan," ujarnya, Kamis (24/3/2022). 

Bahkan kata ia dengan hanya dipupuk begitu saja dikisaran tiga sampai lim bulan sudah berbuah. Ia biasa menjual hasil panennya baik secara langsung kepada pengunjung maupun secara online dengan harga Rp15.000 hingga 20.000 per satu kilogramnya (KG). 

Omzet yang didapat pun tidak main-main hingga mencapai puluhan juta dalam sebulan. "Alhamdulillah sangat menguntungkan menanam jambu kristal ini," ungkapnya. 

Merasa banyak peluang sukses dan berpenghasilan tinggi hanya dengan menanam jambu kristal, ia pun sangat gencar mengajak anak muda Kalsel untuk gabung menjadi petani jambu kristal. 

"Saya fokusnya ke anak muda dia itu bingung cari kerjaan mau bikin bisnis jadi saya membuat suatu perencanaan," ucapnya. 

Terlebih kata Sumanto pemanfaatan sosial media di kalangan anak muda menjadi semakin mudah untuk menjadi petani milenial, tekhnil penjualan jambu kristal melalui media online sangat menjanjikan.
Adapun program yang ia buat bersama teman temanya di agrowisata jambu kristal yakni dengan menyiapkan bibit yang sudah siap produksi. 

"Kalau dimulai dengan 50 batang misalnya saya yakin ini sudah memberikan penghasilan yang lumayan untuk anak muda," ucapnya. 

Ia mengatakan pemasaran jambu kristal melalui media online tentu pastinya aman banyak yang berlangganan terlebih buah yang dihasilkan di kebun miliknya manis dan renyah dibanding jambu kristal di tempat lain. 

Bahan Sumanto mengatakan baik pengunjung wisata yang membeli maupun langganannya saat pertama kali mencicipi jambu kristal miliknya kesan yang muncul pertama kali merasa berbeda dengan jambu kristal yang pernah mereka coba. 

Saking menjanjikan berkebun jambu kristal ia bahkan menawarkan kepada anak muda yang ingin memiliki penghasilan 10 hingga 30 juta rupiab per bulannya bisa didapat dengan menanam jambu kristal. "Makanya saya mengajak kepada anak muda Kalsel, potensinya masih sangat luar biasa," ujarnya. 

Sebagi gambaran Sumanto menjelaskan untuk satu pohon jambu kristal yang berusia tiga tahun bisa menghasilkan 50-100 kilogram (KG) jambu kristal. 

"Tinggal seberapa banyak kita ingin menanam anda mau punya penghasilan berapa satu bulan 10-30 juta bisa. Tinggal target kita dengan produktivitas bisa kita kejar dalam beberapa tahun kedepan," katanya. 

Sedikit banyaknya penghasilan yang ingin diperoleh menurutnya semua tergantung seberapa banyak kita menanam bibit jambu kristal, apabila sedikit maka sedikit juga hasilnya sebegitu juga sebaliknya. 

Jambu kristal sangat cocok ditanamkan di dataran rendah, karena jambu kristal merupakan tanaman yang memerlukan banyak air. "Di dataran rendah kalau dataran tinggi susah waktu kemarau," pungkasnya. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner