Ada Tabuhan Gamalan Banjar dan Diskusi Buku di Rumah Oettara | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 12 Maret 2022

Ada Tabuhan Gamalan Banjar dan Diskusi Buku di Rumah Oettara

BANJARBARU - Setiap 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional dan serentak dirayakan oleh banyak seniman, komunitas dan kalangan musisi dengan memainkan bebunyian-bebunyian yang disepakati sebagai musik. 

United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan gamelan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda pada 15 Desember 2021. 

Sebagai bentuk perayaan Hari Musik Nasional dan perayaan Gamelan sebagai warisan budaya tak benda dunia, Rumah Oettara menggelar "Mailun Gamalan Banjar" dengan memainkan beberapa reportoar lagu Gamalan Banjar selama satu jam. 

Mengundang para seniman Gamalan Banjar untuk menabuh bersama sebagai bentuk suka cita karena gamalan Banjar menjadi salah satu gamelan yang ikut serta dalam pengakuan dunia tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarbaru, A Yani Makkie pada 9 Maret pihaknya hadir dengan niat yang sama visi yang sama, keinginan yang sama untuk mengekspresikan diri kita menuangkan ide dan perasaan melalui seni, khususnya seni musik baik musik tradisional maupun musik modern. 

Yani Makkie yang juga Ketua Harian Dewan Kesenian Banjarbaru menambahkan semakin derasnya arus globalisasi, dimana banyak musik mancanegara yang mewarnai dunia permusikan di Indonesia hal ini membuat musik tradisional semakin terpinggirkan. 

Namun dengan adanya Hari Musik Nasional yang tak jarang terus menjadi upaya kita untuk melestarikan keragamannya musik di Indonesia pada umumnya dan dibanjarbaru pada khusunya lebih lagi di Kalimantan Selatan. 

"Ini merupakan momentum paling tepat bagi kita warga Kalsel khususnya Kota Banjarbaru untuk merayakanya, dimulai dari Rumah oettara ini yang merupakan Kedai kopi sekaligus rumah budaya," ujarnya.

Mari kita gaungkan musik tradisional gamalama banjar sebagai bagian dari warisan budaya tak benda dunia. selamat hari musik Nasional tahun 2022, tandasnya menutup testimoni.

Rumah Oettara mencoba hadir memberi respon tentang keadaan gamalan dan fungsinya dimasyarakat. Novyandi Saputra owner Rumah Oettara yang sekaligus Peneliti gamalan Banjar menyampaikan bahwa perayaa ini adalah wujud dari kerja kolaborasi banyak pihak diantaranya Rumah Oettara, Pemerintah kota dalam hal ini Disporabudpar kota Banjarbaru, Sanggar Kemilau Intan Kalimantan Selatan yang mau memberi pinjaman satu perangkat gamalan Banjar mereka.

Selain acara peringata hari musik pada jam16.00 WITA juga akan digelar ngobrol buku “Biji-biji kopi yang Bercerita di Bumi Borneo karya Syam Indra Pratama. Ngobrol Buku ini akan menghadirkan penulis bukunya langsung dan sebagai pembicara akan hadir pula Akademisi Sejarah ULM Mansyur.

Ngobrol buku ini merupakan upaya Rumah Oettara untuk hadir sebagai ruang alternative dalam membicarakan buku-buku lokal hingga buku nasional atau manca negara. Tentu ini merupakan sebuah daya juang terhadap gerak literasi di Banjarbaru dan Kalimantan Selatan. Selain itu ini menjadi ajang unjuk karya para penulis Banua dengan berbagai macam genre tulisannya.

Buku Biji-biji Kopi yang Bercerita di Bumi Borneo ini merupakan sebuaah buku yang berlatar belakang sejarah dan catatan penulis tentang kopi lokal Banjar dan Borneo. Pada buku ini pula kita bisa melihat bagaimana sejarah kedatangan hingga tumbuh kembang kopi lokal borneo sampai sekarang ini.

Bagi yang berminat untuk membili bukunya bisa datang ke Rumah Oettara di jalan Putri Junjung Buih, Nomor 20 Banjarbaru. Rumah Oettara sebagai kolaborator dalam acara ini menyediakan ruang alternatif yang diperuntukkan untuk acara-acara diskusi seperti ini. “Ruang ini memang diperuntukkan untuk event diskusi seperti ini, nonton bareng dan lain-lain, ya seperti sebuah artspace lah”, ungkap Novyandi Saputra selaku owner Rumah Oettara. (rilis)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner