Riwayat Datu Gadung Rantau, Dzuriyat Datu Kalampayan yang Sejak Remaja Sudah Belajar Ke Makkah | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 09 Januari 2022

Riwayat Datu Gadung Rantau, Dzuriyat Datu Kalampayan yang Sejak Remaja Sudah Belajar Ke Makkah


Datu Gadung/Syekh Salman Al Farisi adalah ulama besar di daerah Kab. Tapin, Rantau. Beliau dilahirkan pada 1278 H. Beliau adalah salah satu Dzuriyat Datu Kalampayan (Syekh M. Arsyad Al Banjari)

Beliau sejak umur 15 tahun sudah dikirim oleh orang tua beliau ke Makkah untuk belajar ilmu agama. Hal ini karena semangat belajar beliau yang sangat tinggi dalam belajar ilmu agama.

Menurut riwayat, beliau bahkan ketika malam hari tidur hanya dengan bantal dari kelapa. Agar ketika beliau mulai terlelap, kepala beliau terjatuh, dan akan terbangun untuk belajar kembali.

Beliau adalah keturunan ketiga dari Datuk Kalampayan. Beliau adalah anak dari Qodhi Haji Mahmud bin Asiah binti Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Makam beliau menjadi salah satu wisata religi di Kab. Tapin.

Sumber : buku "Datu Datu Terkenal Kalimantan Selatan". Terbitan "Sahabat" Mitra Pengetahuan 2013. Sub judul "Datu Gadung Rantau", halaman 186


Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner