Distribusi Air Bersih Ditarget Hingga 96.000 Sambungan Rumah di Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 11 Januari 2022

Distribusi Air Bersih Ditarget Hingga 96.000 Sambungan Rumah di Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  (PUPR) Kalsel akan fokus mengerjakan program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) tahun ini. 

Tahun ini pula ada program penambahan kapasitas SPAM Regional Banjarbakula sebanyak 550 liter per detik (lpd) dari anggaran dana alokasi khusus (DAK) Kementerian PUPR. 
    
Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel, Agung Dewanto mengatakan SPAM regional Banjarbakula mulai beroperasi pada 2016 dengan kapasitas 250 lpd. Seluruh kapasitas tersebut baru terserap sekitar 20.000 sambungan rumah (SR) pada 2019. 

Pemprov Kalsel pun mengajukan penambahan kapasitas dan konstruksinya mulai dilakukan pada 2020. Penambahan kapasitas tersebut dirancang untuk menambah 50.000 SR. 

Dimana dengan penambahan kapasitas sebanyak 550 Ipd nantinya akan membuat SPAM Regional Banjarbakula bisa mendistribusikan air minum ke 96.000 SR. 

"Ini untuk mengembangkan, dan meningkatkan pelayanan masyarakat kita di wilayah Banjarbakula," kata Agung, Selasa (11/1/2022). 

Pihaknya akan segera mempercepat penyerapan jaringan produksi air bersih terebut. Hal ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah pusat serta Pemprov Kalsel. 

"Nantinya PDAM provinsi akan bersinergi dengan operator di daerah," pungkasnya. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner