Musyawaratutthalibin, Organisasi Islam Pertama Yang di Bentuk Putra Daerah Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 06 Desember 2021

Musyawaratutthalibin, Organisasi Islam Pertama Yang di Bentuk Putra Daerah Kalsel

Sumber foto : https://bubuhanbanjar.wordpress.com/


Musyawaratutthalibin (Moesjawaratoetthalibin) adalah organisasi para pelajar atau kaum terpelajar yang menginginkan adanya permusyawaratan. Keinginan itu lahir karena meluasnya percekcokan dalam masyarakat, terutama menyangkut soal-soal agama antara “kaum tua” dan “kaum muda”.

Musyawaratutthalibin berdiri di Banjarmasin pada tanggal 2 Januari 1931. Tokoh-tokoh pendirinya adalah Haji Ridwan Syahrani, Haji Majedi Effendi, Haji Amin dan mendapat dukungan dari para alim ulama, guru-guru agama, penuntut-penuntut ilmu di Banjarmasin.

Organisasi ini berfaham keagamaan yang berdasarkan Islam, menurut Haji Ridwan Syahrani, pada saat pembentukan organisasi ini bahwa dibentuknya Musyawaratutthalibin untuk membentengi faham ahlussunnah wal jamaah dengan mewujudkan dan menggembirakan cara hidup dan kehidupan dengan mengamalkan segala perintah Allah yang sudah umum dikerjakan oleh ummat Islam di Indonesia dengan mazhab Imam Syafii berdasar Quran, Hadis, Idjma dan Qiasy.

Dalam perkembangannya organisasi mempunyai cabang yang sangat banyak di Kalimantan Selatan, bahkan sampai ke pesisir Sumatera seperti Tembilahan, Enok dan Kuala Tungkal, di tempat mana terdapat permukiman orang-orang Banjar perantauan. Adapun cabang-cabang yang sudah berdiri sampai tahun 1936 adalah cabang–cabang Banjarmasin, Kuin, Kandangan, Barabai, Amuntai, Kalua, Samarinda, Balikpapan, Sanga-Sanga Dalam, Kotabaru, Samuda, Senakin, Alabio dan cabang Tembilahan.

Sumber: Nasionalisme Indonesia Di Kalimantan Selatan 1901-1942; Wajidi

Sumber instagram @sejarahkalsel.id

Link artikel asli : https://www.instagram.com/p/BtKttxIgWcq

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner