Bersejarah Bagi Kalsel, RSUD Ulin Gelar Operasi Bypass Jantung Koroner Perdana | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 22 Desember 2021

Bersejarah Bagi Kalsel, RSUD Ulin Gelar Operasi Bypass Jantung Koroner Perdana


BERITABANJARMASIN.COMRSUD Ulin Banjarmasin akan menyelenggarakan operasi bypass jantung koroner secara perdana pada 24 Desember 2021.

Pelayanan ini merupakan suatu terobosan besar di lingkup Pemprov Kalsel. Hal ini karena RSUD Ulin Banjarmasin menjadi satu-satunya rumah sakit di Kalimantan yang memiliki fasilitas layanan bedah jantung agar masyarakat tidak kerepotan lagi harus ke luar daerah ataupun ke luar negeri untuk melakukan operasi jantung.

"Tiga hari lagi RSUD Ulin akan melakukan operasi tersebut dan perdana," ujarnya Kasi Pelayanan Rawat Jalan RSUD Ulin Banjarmasin, Muhammad Aini.

Hal ini disampaikannya usai menjadi narasumber dalam kegiatan Sosper Perda Nomor 3/2011 Tentang Pola Tarif Pelayanan Kesehatan, di Desa Sejahtera, Kecamatan Simpang Empat, Kab Tanbu (21/12/2021). "Warga kita yang sakit jantung tidak perlu jauh-jauh lagi melakukan pengobatan, cukup di Banjarmasin dan tentunya mampu menghemat biaya," paparnya.

Ia menyebutkan untuk pembiayaan secara keseluruhan sudah ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Namun kata Aini bagi pasien yang tidak memiliki BPJS Kesehatan ada dana-dana lain yang siap memback up untuk provinsi di Kalsel. 

Menanggapi hal ini, anggota Komisi II DPRD Kalsel, M Yani Helmi mengapresiasi dan menganggap layanan serta fasilitas yang dimiliki oleh RSUD Ulin Banjarmasin kini sudah benar-benar lengkap bahkan mampu bersaing secara ketat.

Sehingga kata Yani masyarakat banua tidak perlu lagi datang ke Jakarta ataupun ke pulau Jawa sana untuk melakukan operasi jantung. "Alatnya di RSUD Ulin juga sudah ada bahkan lengkap dengan dokter spesialis," ucap anggota Komisi II DPRD Kalsel dari Dapil VI Kabupaten Kotabaru dan Tanbu tersebut.

Dirinya juga mengapresiasi kebijakan RSUD Ulin yang tetap memberikan kesempatan bagi masyarakat luar Kalsel untuk memanfaatkan layanan baru tersebut. "Jadi 24 Desember itu menjadi hari yang bersejarah untuk Kalsel dalam dunia kesehatan," ucapnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner