BERITA SORE: Rabu 22/12/2021 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 22 Desember 2021

BERITA SORE: Rabu 22/12/2021

 

Pemprov Kalsel Perketat Pintu Masuk, Cegah Masuknya Varian Omicron Jelang Nataru




BERITABANJARMASIN.COM - Pengetatan pintu masuk baik melalui pelabuhan maupun bandara jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 akan dilakukan Pemprov Kalsel mencegah masuknya virus varian baru yaitu Omicron. 

“Jadi kita harus melakukan pengetatan terhadap tamu maupun turis yang datang masuk ke Kalsel baik dari pelabuhan, bandara dan perbatasan wilayah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Muslim, Rabu (22/12/2021). 

Saat ini diketahui varian Omicron sudah masuk ke 88 negara dan salah satunya Indonesia. Saat perayaan Nataru 2022 akan dilakukan pembatasan kegiatan publik yang menimbulkan kerumunan, meski tak ada penyekatan. 

“Kita mengacu pada InMendagri Nomor 66, pada perayaan Nataru 2022 akan ada pembatasan di tempat publik,” ujarnya. 

Penggunaan aplikasi peduli lindungi akan diberlakukan saat di area publik yang mengumpulkan masyarakat seperti hotel mal dan lainnya. Pada pergantian tahun, tempat terbuka seperti alun-alun akan ditutup sejak sore hari hingga keesokan harinya. “Untuk mengantisipasi peningkatan transmisi penularan Covid-19 kita juga menyiapkan isolasi terpadu serta daya tampung rumah sakit," tutupnya. (fitri/sip)


Wakil Rakyat Kalsel Imbau Masyarakat Ketahui Perda Penanggulangan Bencana



BERITABANJARMASIN.COM - Perda Nomor 6/2017 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Kalsel perlu diketahui masyarakat yang di dalamnya mengatur hak dan kewajiban warga.

Hal ini disampaikan anggota DPRD Kalsel, Hasanuddin Murad usai melaksanakan Sosialisasi Perda Nomor 6/2017 yang ditujukan kepada pegiat relawan penanggulangan bencana pada (21/12/2021) sore bertempat di Handil Bakti, Kabupaten Batola. 

Menurutnya, dengan digelarnya sosialisasi perda kepada pegiat relawan mereka mengetahui dan memahami prosedur apa yang dilakukan ketika terjadi bencana dan bagaimana penanggulangannya.

Sehingga para relawan ini juga dapat menginformasikan kepada masyarakat di wilayah masing-masing agar sedini mungkin bencana dapat ditanggulangi. Ia juga mengatakan dengan sosper tersebut masyarakat dapat memahami kepada siapa saja melaporkan dan mengadu untuk menyelesaikan permasalahan. 

Apabila ditemukan membutuhkan bantuan berupa dana dapat terselesaikan melalui Dana Desa, kabupaten maupun Provinsi Kalsel. "Kita juga perjuangkan melalui CSR dari perusahaan di wilayah Batola," ucapnya.

Sementara itu, salah satu narasumber Sosper yang juga mantan Kepala BPBD Batola, Sumarno mengatakan tahun 2021 Kabupaten Barito Kuala sudah ditetapkan status siaga darurat bencana banjir.

Berbagai bencana juga terjadi seperti cuaca ekstrem dan angin puting beliung, diperparah dengan banjir rob yang sedang terjadi pada bulan Desember 2021 ini. "Banjir rob itu sudah melanda beberapa desa/ wilayah hanya datang dan surutnya cepat ," terangnya. 

Ia pun mengimbau khususnya kepada masyarakat yang berada dipesisir sungai Barito untuk selalu waspada terhadap banjir rob yang datang dan siap siaga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (maya/sip)

Bersejarah Bagi Kalsel, RSUD Ulin Gelar Operasi Bypass Jantung Koroner Perdana



BERITABANJARMASIN.COM - RSUD Ulin Banjarmasin akan menyelenggarakan operasi bypass jantung koroner secara perdana pada 24 Desember 2021.

Pelayanan ini merupakan suatu terobosan besar di lingkup Pemprov Kalsel. Hal ini karena RSUD Ulin Banjarmasin menjadi satu-satunya rumah sakit di Kalimantan yang memiliki fasilitas layanan bedah jantung agar masyarakat tidak kerepotan lagi harus ke luar daerah ataupun ke luar negeri untuk melakukan operasi jantung.

"Tiga hari lagi RSUD Ulin akan melakukan operasi tersebut dan perdana," ujarnya Kasi Pelayanan Rawat Jalan RSUD Ulin Banjarmasin, Muhammad Aini.

Hal ini disampaikannya usai menjadi narasumber dalam kegiatan Sosper Perda Nomor 3/2011 Tentang Pola Tarif Pelayanan Kesehatan, di Desa Sejahtera, Kecamatan Simpang Empat, Kab Tanbu (21/12/2021). "Warga kita yang sakit jantung tidak perlu jauh-jauh lagi melakukan pengobatan, cukup di Banjarmasin dan tentunya mampu menghemat biaya," paparnya.

Ia menyebutkan untuk pembiayaan secara keseluruhan sudah ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Namun kata Aini bagi pasien yang tidak memiliki BPJS Kesehatan ada dana-dana lain yang siap memback up untuk provinsi di Kalsel. 

Menanggapi hal ini, anggota Komisi II DPRD Kalsel, M Yani Helmi mengapresiasi dan menganggap layanan serta fasilitas yang dimiliki oleh RSUD Ulin Banjarmasin kini sudah benar-benar lengkap bahkan mampu bersaing secara ketat.

Sehingga kata Yani masyarakat banua tidak perlu lagi datang ke Jakarta ataupun ke pulau Jawa sana untuk melakukan operasi jantung. "Alatnya di RSUD Ulin juga sudah ada bahkan lengkap dengan dokter spesialis," ucap anggota Komisi II DPRD Kalsel dari Dapil VI Kabupaten Kotabaru dan Tanbu tersebut.

Dirinya juga mengapresiasi kebijakan RSUD Ulin yang tetap memberikan kesempatan bagi masyarakat luar Kalsel untuk memanfaatkan layanan baru tersebut. "Jadi 24 Desember itu menjadi hari yang bersejarah untuk Kalsel dalam dunia kesehatan," ucapnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner