Ketua Komisi IV DPRD Kalsel Soroti Entri Data Vaksinasi Berjalan Lambat | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 24 Oktober 2021

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel Soroti Entri Data Vaksinasi Berjalan Lambat

BERITABANJARMASIN.COM - Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, M Lutfi Saifuddin menyoroti entri data vaksinasi di banua yang masih berjalan lambat. 

"Masalah kita vaksinasinya sangat cepat namun entri data berjalan lambat," ujarnya (23/10/2021).

Lutfi mengatakan masalah entri data ini akan memperlambat Kalsel mendapat tambahan vaksin karena dinilai stok yang ada masih tercukupi.  "Dari Kemenkes RI di sistem tercatat jika melebihi 10 hari maka dipastikan tidak akan mendapat tambahan," ujarnya.

Akhirnya Kalsel harus menunggu lagi setelah entri data masuk di dalam sistem untuk mendapat kiriman stok vaksin tambahan.

Ia juga memaklumi kebijakan pemerintah tersebut karena stok vaksin juga berbatas waktu, ada batas kadaluarsanya sehingga harus segera dihabiskan diberikan kepada yang berhak menerima. 

Sebelumnya, Kapuslitbang humaniora dan managemen kesehatan, Kemenkes, yang juga pembina wilayah Provinsi Kalsel, Sugianto menyampaikan pentingnya bagi Kalsel untuk penataan percepatan laporan ketersediaan vaksin di lapangan. 

Sebab, terangnya vaksin yang sebenarnya sudah digunakan namun karena laporannya lambat masuk sehingga terdata stok masih banyak.

Dari itu Kemenkes ujar Sugianto tak bisa mengirimkan tambahan jika stok vaksin yang ada di sistem masih banyak meskipun dari Kemenkes selalu siap mengirimkan jika stok vaksin di pusat tersedia.

Kadinkes Kalsel M Muslim sebelumnya juga mengatakan akan melakukan tindakan tegas bagi daerah yang tidak bergerak cakupan vaksinasinya dan akan di pindahkan alokasi vaksinnya ke daerah lain.

Adapun target tiga juta lebih vaksinasi di Kalsel saat ini mulai tertutupi dengan vaksinasi dari dua kota yakni Banjarmasin dan Banjarbaru. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner