Sungai Veteran Banjarmasin Mau Ditata Seperti Sungai Cheonggye Korea | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 30 September 2021

Sungai Veteran Banjarmasin Mau Ditata Seperti Sungai Cheonggye Korea

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina memaparkan keinginannya menata sungai di Jalan Veteran seperti sungai Cheonggye di Korea Selatan.

Dalam rencana tersebut, awal penatanan atau gerbangnya yang disimbolkan sebagai kepala naga berada di sungai belakang klenteng. Memanjang hingga kawasan aliran Sungai Lulut. Di sinilah letak ujung penataan yang disimbolkan sebagai ekor naga. "Konsepnya akulturasi budaya Tionghoa dan Melayu Banjar," terangnya, Rabu (29/9/2021).

Ibnu menyampaikan desainnya sendiri telah dibuat sejak 2016 lalu. Sehingga jika ingin melanjutkan program penataan tidak memerlukan waktu lama. "Hanya melanjutkan DED yang telah ada," paparnya.

Konsep ini terinspirasi dari Sungai Cheonggye, sungai bersih di tengah kota yang dulunya terabaikan. "Disamping - samping sungai ada dua sisi jalan yang bisa dilewati," tuturnya.

Konsep tersebut sempat terhenti dikarenakan dari APBD diarahkan ke perbaikan Jembatan Sungai Lulut yang saat itu rusak.

Untuk itu pihaknya ingin hidupkan kembali konsep tersebut, agar penataan sungai bisa terlaksana.

Apalagi saat ini kondisi kawasan kanal Sungai Veteran masih hanya pada pembebasan lahan. "Kami juga laksanakan program normalisasi sungai," imbuhya.

Sebab aliran sungai tersebut merupakan aliran sungai vital, yang menjadi induk utama. Khususnya dalam penampungan debit air jika terjadi intensitas hujan tinggi. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only