Sebentar Lagi Normalisasi Sungai Dikerjakan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 22 September 2021

Sebentar Lagi Normalisasi Sungai Dikerjakan


BERITABANJARMASIN.COM - Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menegaskan pelaksanaan program normalisasi sungai di Kota Banjarmasin akan dilaksanakan sesuai rencana. 

Selain dilaksanakan SKPD terkait, jelasnya, program tersebut ke depannya juga akan melibatkan masyarakat dan komunitas. 

“Kita akan mulai lagi untuk membenahi sungai ini pada tanggal 25 September yaitu programnya adalah Balingai atau Balalingai yaitu Banjarmasin Peduli Sungai, ini kita akan mulai di kanal veteran dengan melibatkan masyarakat dan komunitas,” jelasnya, saat kegiatan jumpa pers dengan para wartawan Balai Kota Banjarmasin, Selasa (21/09).

Di Bulan Oktober nanti, bebernya, Dinas PUPR Kota Bnajarmasin akan melaksanakan pengerukan dibeberapa aliran sungai, Sungai Veteran, dan sungai disepanjang Ahmad Yani, Banjarmasin.
Dalam kegiatan menjelang akhir tahun itu, selain sungai, yang menjadi sasaran untuk dilaksanakan pengerjaannya adalah perbaikan Jembatan Penghubung atau Jembatan Bangunan Gedung. 

“InsyaAllah akan ada lima paket pekerjaan, kalau tidak salah di sepanjang A Yani dan juga di Jalan Veteran terkait dengan pembangunan jembatan gedungnya,” katanya.

Pengerjaan kegiatan normalisasi sungai atau pengerukan aliran sungai itu, kata orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini lagi, bukan dikarenakan factor kesengajaan, melainkan akibat terkendala proses lelang dan alokasi anggaran APBDP yang baru saja disahkan beberapa waktu lalu.

Ia berharap, dalam waktu beberapa hari ke depan, pengerjaan program normalisasi sungai tersebut sudah bias dilaksanakan. 

“Mudah-mudahan sesegeranya bisa diputuskan pemenang lelang, dan kegiatan bisa dilaksanakan lagi untuk normalisasi sungai, baik yang sifatnya lelang proyek ataupun yang sifatnya penunjukkan langsung. Mudah-mudahan nanti untuk sungai-sungai kecil itu juga akan dilaksanakan normalisasi,” harapnya.

Kegiatan jumpa pers yang dilaksanakan di Rumah Alam, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara itu, juga dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, Sekda Kota Banjarmasin, Sugito Said, serta para pejabat lingkup Pemko Banjarmasin. 

Dalam kesempatan tersebut, H Ibnu Sina juga menjelaskan tentang rencana Pemko Banjarmasin untuk membuka lokasi wisata.

Dikatakannya, ada dua lokasi wisata yang akan dibuka setelah peringatan Harijadi Kota Bnajarmasin yang jatuh pada tanggal 24 September nanti, yakni lokasi wisata di kawasanh Kuin Kacil dan lokasi wisata di Siring Menara Pandang.

Mengingat saat ini Kota Banjarmasin masih dalam status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV, maka, saat operasional nanti, kedua lokasi wisata tersebut akan memberlakukan aturan protokol kesehatan yang ketat. 

“Mungkin setelah harijadi kita akan membukanya, tapi tetap dengan Prokes dan juga hanya 25 persen pengunjung dari kapasitas.  Jadi akan diatur nanti, jangan sampai nanti terjadi kerumunan yang luar biasa, diatur untuk teknisnya supaya tidak terjadi kerumunan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan jumpa pers tersebut dilaksanakan Pemko Banjarmasin dengan mengundang para wartawan, dengan tujuan agar seluruh program kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan diketahui seluruh lapisan masyarakat kota ini(Adv)


 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner