Polda Kalsel Tugaskan Brimob Kawal Kontingen ke PON Papua | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 17 September 2021

Polda Kalsel Tugaskan Brimob Kawal Kontingen ke PON Papua

BERITABANJARMASIN.COM - Polda Kalsel menugaskan Satuan Brigade Mobil (Brimob) yang dipimpin Komandan Satuan (Dansat) Brimob Kalsel untuk mengawal kontingen Kalsel ke PON XX 2021 Papua. 

Hal ini disampaikan Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto kepada wartawan di Banjarmasin, Kamis (16/9/2021).

Dirinya mengatakan ada 20 personil yang akan diberangkatkan dari Brimob Polda Kalsel sedangkan dari TNI kata ia itu urusan lain lagi. Di Papua juga jelasnya sudah disiapkan pengamanan gabungan dari Mabes Polri.

Pengamanan yang disiapkan ini lanjutnya melekat di dimana masing-masing Brimob Polda akan mengamankan kontingen.

"Dari personel Polda Kalsel membantu mengamankan kontingen, disana nantinya juga ada pengamanan gabungan lagi," ujarnya.

Sementara itu, anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kalsel, Suripno Sumas mengungkapkan memang keberangkatan kontingen ke Papua ada sedikit kekhususan.

Mengingat kata Suripno situasi di Papua itu masih belum kondusif, sehingga setiap kontingen itu diwajibkan menyiapkan pengamanan daerah.

Lanjutnya kalau berbicara efektif atau tidak biaya pengamanan sebesar Rp600 juta itu dengan jumlah personel yang diturunkan dari Polda dan TNI, maka harus menyesuaikan dengan kondisi keamanan di Papua.

Karena kata Suripno kalau ternyata keamanan di Papua masih belum kondusif, maka anggaran Rp600 juta itu belum cukup, tapi sebaliknya kalau kondisi Papua baik-baik saja, maka Rp600 juta itu cukup saja untuk kegiatan pengamanan kontingen tersebut.

Mengenai rincian penggunaan Rp600 juta itu saat disinggung politisi PKB ini menyatakan tidak mengetahuinya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only