Mengenai Wacana Kenaikan Tarif PDAM Bandarmasih, Begini Penjelasan Ibnu Sina | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 15 September 2021

Mengenai Wacana Kenaikan Tarif PDAM Bandarmasih, Begini Penjelasan Ibnu Sina

BERITABANJARMASIN.COM - Penyesuaian tarif air di Kota Banjarmasin akan menyesuaikan dengan Pemprov Kalsel yang mempunyai kewenangan menyeragamkan tarif PDAM di satu provinsi.

Menurut Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina tarif PDAM yang disampaikan oleh provinsi memang terjadi kenaikan signifikan padahal kota telah berkomitmen agar tidak terjadi kenaikan apalagi saat kondisi masih pandemi Covid-19. 

Namun lanjutnya, Pemprov Kalsel sudah memiliki kajian tersendiri sehingga perlu dilakukan penyeragaman kenaikan tarif air.

Menanggapi hal tersebut kata Ibnu maka masing-masing PDAM kabupaten/kota akhirnya mengusulkan adanya tarif atas dan tarif bawah sebab jika pemprov sudah menetapkan maka PDAM kabupaten/kota harus mengikutinya. 

Karena tentunya pula wacana kenaikan tarif ini akan berdampak kepada pelanggan, tak terkecuali kepada pelanggan PDAM Bandarmasih, Kota Banjarmasin hingga hari ini (15/9/2021).

"Pelanggan Kota Banjarmasin paling besar se Kalsel sehingga tentunya kenaikan tarif ini menuai reaksi sensitif dari masyarakat," paparnya.

Adapun mengenai besaran tarif air yang diusulkan naik untuk Kota Banjarmasin terbilang cukup tinggi. "Hampir dua kali lipat dari tarif air saat ini," ucap Ibnu.

Oleh karena itu dirinya meminta pihak PDAM Bandarmasih bisa segera duduk bersama dengan Pemprov Kalsel untuk membahas perihal tersebut agar menemukan solusi terbaik. 

Ia pun mengharapkan jangan sampai harga yang ditetapkan pemprov terjadi gap yang sangat tinggi mengingat kondisi masing-masing PDAM di kabupaten/kota berbeda-beda.

Karena lanjutnya sesuai amanat Perda PDAM ada dua social oriented dan bisnis oriented, untuk melayani kebutuhan masyarakat menjadi hal utama disamping bisnis karena berbadan hukum untuk menghidupi perusahaan daerah. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only