Banjar Mural Festival 2021, Novyandi: Berikan Ruang "Bersuara" untuk Masyarakat | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 17 September 2021

Banjar Mural Festival 2021, Novyandi: Berikan Ruang "Bersuara" untuk Masyarakat

BERITABANJARMASIN.COM - Banjar Mural Festival 2021 akan dilaksanakan Oktober 2021 di dua kota yakni Banjarmasin dan Banjarbaru. 

Banjar Mural Festival di dua kota ini akan dilaksanakan di Jalan RE Martadinata (dinding Pelindo) untuk Kota Banjarmasin dan di Jalan Nadjmi Adhani (dinding PLN) untuk Banjarbaru.

Festival ini dilaksanakan12-17 Oktober 2021 dengan rangkaian acara mural performance, webinar dan talkshow. 

Peserta festival terbatas hanya 20 peserta baik individu atau kelompok. Peserta lolos proses kurasi akan merealisasikan karyanya dalam festival yang dipilih oleh Hajriansyah selaku kurator festival. 

Direktur Festival, Novyandi Saputra menyatakan festival ini menjadi titik awal menjadikan Kota Banjarmasin dan Banjarbaru menjadi kota yang apresiatif dan secara sadar memberi ruang bersuara kepada masyarakatnya diwakili oleh para seniman muralis. 

Festival mural ini bertujuan menangkap reaksi memaknai karya visual yang memiliki pesan langsung terhadap masyarakatnya. Juga menjadikan ajang kampanye positif tentang hidup bergotong – royong. "Terutama menjaga daya kritis dan memaknai arti persoalan sosial hari ini," ujarnya.

Kampanye-kampanye yang lebih segar dan organik yang muncul dari semangat seniman dan komunitas atau kelompok muralis yang terlibat bisa diwakilkan oleh gambar-gambar yang menghiasi sudut-sudut kota.

Founder Semangat Muda, Putra Qomaluddin Atta Nurriqli mengatakan jika festival ini akan menghadirkan coffee shop atau kedai kopi sebagai titik lokasi kegiatan. 

Selain karena kopi yang belakangan ini menjadi sebuah kebiasaan baru masyarakat, kehadiran coffee shop atau kedai kopi menurutnya juga sebagai bentuk dukungan terhadap pemajuan UMKM yang terlibat dalam festival ini. 

Dalam kegiatan festival tersebut panitia penyelenggara festival membuka bentuk kerja sama bagi sponsor atau pihak yang ingin mendukung penyelenggaraan kegiatan ini. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only