PDAM Bandarmasih Jelaskan Penurunan 5 Persen Distribusi Air Baku di Intake Sungai Bilu | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 08 Agustus 2021

PDAM Bandarmasih Jelaskan Penurunan 5 Persen Distribusi Air Baku di Intake Sungai Bilu

BERITABANJARMASIN.COM  - Debit air baku di intake Sungai Bilu Kecamatan Banjarmasin Tengah mengalami penurunan hingga 80 meter kubik per jam atau lima persennya.

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Kehumasan PDAM Bandarmasih, Muhammad Nur Wakhid yang menurutnya terjadi karena kemarau selama dua pekan belakangan ini. "Maka berdampak pada wilayah Banjarmasin Barat dan tengah," paparnya, Minggu (8/8/2021).

Sedangkan penurunan distribusi air baku sebelumnya 1500 meter kubik menjadi 1420 meter kubik perjam. 

Adapun wilayah yang terdampak penurunan tekanan distribusi air tersebut, sekitaran Rumah Sakit Islam, Banyiur, Teluk Tiram dan Kuin Selatan. "Biasanya tekanan air 2,7 bar menjadi 2,3 bar," katanya.

Wakhid juga menjelaskan berdasarkan hasil laporan di lapangan oleh pihaknya, terjadi penurunan kualitas dan kuantitas air produksi IPA 1.

Hal tersebut dikerenakan adanya perubahan kualitas air yang ditandai dengan kondisi air sungai berubah menjadi berwarna hijau. Kondisi tersebut dapat mempersulit pihaknya dalam proses pengolahan air. "Juga terjadi kedangkalan air sungai dimulut intake Sungai Bilu," jelasnya.

Untuk itu pihaknya saat ini terus berupaya dalam penanganannya agar tidak membuat para pelanggan yang terdampak kesulitan mendapatkan air bersih. (arum/maya)

foto: IG PDAM Bandarmasih

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only