Belitung Utara Juara 1 Lomba Kelurahan Tingkat Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 14 Agustus 2021

Belitung Utara Juara 1 Lomba Kelurahan Tingkat Kalsel

 


BERITABANJARMASIN.COM - Moment peringatan Harijadi Provinsi Kalsel ke 71 menjadi salah satu bukti bahwa sebagai ibukota Provinsi Kalsel, Kota Banjarmasin tetap menjadi kota terbaikdalam pelayanan publik.

Buktinya, dalam lomba kelurahan tingkat Provinsi kalsel yang dilaksanakan di awal tahun lalu, Kelurahan Belitung Utara, Kecamatan Banjarmasin Barat , berhasil menjadi pemenang pertama untuk Lomba Desa dan Kelurahan.

Penyerahaan symbol keberhasialan  berupa piagam dan plakat dilakukan langsung Pj Gubernur Kalsel Safrizal, saat peringatan harijadi Pemprov Kalsel ke 71 tahun 2021, di Gedung Mahligai Pancasila, Sabtu (14/08).

Saat kegiatan tersebut, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina juga terlihat hadir. 
Hanya saja, kehadiran orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai itu  melalui Daring, mengingat saat ini Bumi Kayuh Baimbai sedang berlaku status PPKM Level IV tahap ketiga. 

“Selamat kepada Lurah Belitung Utara. Mudah-mudahan pencapaian keberhasilan ini bisa diikuti kelurahan lain,” ujar H Ibnu Sina.

Ia berpesan kepada seluruh instansi lingkup Pemko Banjarmasin, untuk terus meningkatkan mutu pelayanan publik dengan mempedomani Maklumat Pelayanan Publik yang telah digaungkan yakni,  bila bisa dipercepat, jangan diperlambat. Bila  bisa dipermudah, jangan dipersulit dan bila bisa selesai hari ini, jangan tunda besok.

Untuk diketahui, sebelum mengirim Kelurahan Belitung Utara, Kecamatan Banjarmasin Barat ikut lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalsel, terlebih dahulu Pemko Banjarmasin melakukan seleksi.

Ada lima kelurahan di lima kecamatan yang ikut dalam seleksi Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi itu, antara lain  Kelurahan Sungai baru, Kelurahan Kelayan Barat, Kelurahan Pangeran, Kelurahan Belitung Utara  dan Kelurahan Kelayan Barat. Aspek penilaian yang dilakukan antara lain, kinerja, inovasi, inisiatif dan kreatifitas pemberdayaan masyarakat, partisipasi masyarakat, keamanan dan ketertiban, pengaturan investasi, tanggap siaga bencana, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, peningkatan kapasitas masyarakat, ekonomi, pelestarian adat dan budaya, lembaga kemasyarakatan, sarpras, akuntabilitas, administrasi, dan kelurahan berbasis teknologi informasi atau e-Goverment.

Hasil selesksi tersebut menyatakan, juara pertama untuk lomba tersebut adalah Kelurahan Belitung Utara, juara kedua Kelurahan Banua Anyar, juara ketiga Kelurahan Sungai Baru, juara keempat Kelurahan Kelayan Barat, dan juara kelima, Kelurahan Pangeran.

Atas dasar tersebut, Kelurahan Belitung Utara kemudian dikirim mewakili Kota Banjarmasin dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalsel tahun 2021.
Sementara itu, dalam kegiatan peringatan Harijadi Provinsi Kalsel, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal menyatakan, keberhasilan belum dapat dikatakan sebuah pencapaian tujuan, bila masih ada angka-angkanya belum tercapai.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan yang hakiki adalah pencapain target pembangunan secara maksima yang merupakan hasil kerjasama pemerintah bersama masyarakat, serta dirasakan langsung oleh seluruh lapisan masyarakat. 

“Saya juga ingin menegaskan bahwa pembangunan dibidang apapun tujuannya tidak lain adalah untuk kesejahteraan rakyat,” katanya

Sebaliknya, katanya lagi, sebaik apapun pembangunan yang telah dilakukan, bila belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat, maka belum bisa dikategorikan keberhasilan pembangunan. 

“Semua yang kita hadirkan ini untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Apalah artinya pembangunan jika rakyat tertinggal atau rakyat tidak dapat merasakannya,” ucapnya.

Lebihlanjut dikatakannya, momentum peringatan harijadi ini harus dijadikan semangat untuk meningkatkan persatuan, semangat persaudaraan, dan kegotong royongan pembangunan.

Safrizal berharap, peringatan harijadi ini bisa dijadikan sebagai semangat, solidaritas dalam kepedulian untuk berjuang bersama dalam pembangunan dan menangani pandemic Covid-19 di Kalsel.

“Kita harus menatap hari depan dengan penuh keyakinan dan optimis. Semua ini anugerah Tuhan YME, meskipun saat ini ulang tahun dengan penuh kesederhanaan, namun rasa syukur harus terus kita panjatkan,” pungkasnya. (Advertorial)


Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only