Kalsel Masuk 10 Besar Tertinggi Kasus Stunting di Indonesia | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 07 Juli 2021

Kalsel Masuk 10 Besar Tertinggi Kasus Stunting di Indonesia



BERITABANJARMASIN.COM- Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kalsel, Nurul Ahdani mengungkapkan Provinsi Kalsel masuk dalam 10 provinsi tertinggi kasus stunting di Indonesia.

Termasuk Diantaranya Gorontalo, Kalimantan Tengah, Aceh, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi barat, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat.

Dari data hasil survei status gizi balita Indonesia Tahun 2019, angka stunting di Kalsel mencapai 31,75 persen. Sementara standar WHO yakni 27,67 persen secara nasional. "Kita di atas standar WHO dan nasional," ucap Nurul, Selasa (6/7/2021).

Dengan demikian Presiden Joko Widodo mengeluarkan instruksi secara nasional bahwa Kalsel dan semua provinsi yang tinggi kasus stuntingnya mendapat perhatian khsusus. Hal ini dilakukan dalam upaya percepatan penurunan stunting di 10 provinsi tersebut.

Dalam kebijakannya tersebut Presiden menargetkan pada Tahun 2024 di 10 Provinsi tersebut agar status stunting bisa turun sampai 14 persen. "Artinya semua provinsi rata-rata seperti itu," terangnya.

Di Kalsel sendiri kabupaten yang cukup tinggi angka stunting yakni Kabupaten Balangan sebanyak 52,10 persen, dan Kabupaten Tabalong sebanyak 39,41 persen. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only