Temuan 20 IUP Diduga Bermasalah di Kalsel Ditanggapi Pj Gubernur | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 24 Juni 2021

Temuan 20 IUP Diduga Bermasalah di Kalsel Ditanggapi Pj Gubernur

BERITABANJARMASIN.COMAdanya temuan 20 izin usaha pertambangan (IUP) batu bara diduga bermasalah di Kalsel mendapat tanggapan dari Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA.

Sebagaimana diketahui, temuan ini mendapat perhatian dari pemerintah pusat dan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo akan segera melakukan pemeriksaan asal usul keluarnya 20 IUP yang diduga bermasalah tersebut.

Menanggapi hal tersebut Safrizal mengatakan belum berkoordinasi dengan Polri terkait IUP mana saja yang dianggap 'bodong'. Hanya saja dirinya telah melakukan rapat dengan ESDM yang mana hasilnya akan bersurat kepada Pemprov untuk memverifikasi. "Sudah kita rapatkan hari Senin kemarin, sekarang ini kami belum menerima suratnya," ujarnya Kamis (24/6/2021) usai Paripurna di Gedung DPRD Kalsel.

Menurut Safrizal kemungkinan besar izin tersebut bermasalah dikarenakan tidak mengikuti alur administrasi karena putusan pengadilan terhadap ijin-ijin pertambangan ini sudah ada. Jadi dimaksud itu ada yang sudah terdaftar di Kementerian ESDM, karena putusan pengadilan yang meminta memasukkan namun pemprov belum mengajukan. "Jadi ada kekurangan satu administrasi, pemprov belum mengajukan," sebutnya.

Dimana dari putusan pengadilan langsung dimasukkan ke sistem Modi Minerba ESDM mestinya dari putusan pengadilan ke Pemprov yang mengantarkan masuk ke sistem Modi. "Ini mana saja yang dimaksud nanti kita tunggu kementerian ESDM mengirim surat," terangnya. (maya)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only