Kunjungan ke Tala, FJPI Kalsel Siap Dukung Geliat Perekonomian Banua | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 28 Juni 2021

Kunjungan ke Tala, FJPI Kalsel Siap Dukung Geliat Perekonomian Banua

BERITABANJARMASIN.COM - Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Provinsi Kalsel siap bersinergi mendukung geliat perekonomian terutama sektor pariwisata di banua. 

Hal ini disampaikan saat pelaksanaan kegiatan silaturahim bersama Bupati Tanah Laut Bapak H Sukamta Minggu (27/6/2021). Ketua FJPI Kalsel, Sunarti mengatakan kegiatan media visit ke Kabupaten Tanah Laut (Tala) merupakan salah satu agenda penting organisasi ini dalam rangka bersinergi agar bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam menggeliatkan lagi sektor pariwisata yang ada di Banua.

Dimana FPJI ingin ikut memberikan kontribusi nyata melalui karya jurnalistik para jurnalis perempuan agar bisa ikut mempopulerkan wisata yang ada di Kabupaten Tala. "Sekaligus menarik wisatawan untuk datang serta berkunjung ke tempat tersebut," ujarnya.

FPJI juga sangat apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Bupati Tanah Laut H Sukamta yang berkenan secara langsung menyambut dan menjamu dalam suasana santai disela kegiatan Media Visit ke Kabupaten Tanah Laut. "Semoga pertemuan ini kita bisa menggali berbagai informasi terkait wisata yang ada di Kabupaten Tala," katanya.

Sekaligus lanjutnya, saling memberi masukan dan inspirasi untuk pengembangan wisata di Kabupaten Tala hingga bisa merumuskan bersama kolaborasi konkrit seperti apa yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tala dan FJPI Provinsi Kalsel untuk membangkitkan lagi pariwisata di Kabupaten Tanah Laut kedepannya.

Dalam kegiatan tersebut, FJPI juga berkesempatan mengunjungi Taman Permana yang merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang ada di Tala. Sementara itu, Bupati Tanah Laut H Sukamta menyambut baik kunjungan tersebut dan berharap sinergitas dengan FJPI dapat terus terjalin dengan baik sebagai media pemberitahuan ke masyarakat. 

Dijelaskan Sukamta kebijakan yang dibuat di Tala berfokus pada mengembangkan sektor pariwisata yang dikelola oleh swasta bukan pemerintah daerah. "Pemda itu pada sisi regulasinya sesuai tugas fungsi pokok negara mengatur dan memfasilitasi," ujarnya.

Lanjutnya, untuk menangkap segmen pasar, dirinya pun mendorong masing-masing wisata punya keunggulan dan karakteristik sendiri untuk menarik minat wisatawan berkunjung. Banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan di Tala mulai wisata pantai, gunung, agro, buatan dan religi.

Adapun dari tiga puluh pariwisata yang ada di Tala disebutkannya ada beberapa yang sudah memberikan sumbangsih PAD yakni Tangkisung, Batakan, Pantai Swarangan, Pantai Turki, Pantai Asmara dan Pantai Bajuin. "Selebihnya belum," ucapnya.

Potensi wisata yang ada di Tala kata dia juga mampu menahan pertumbuhan ekonomi daerah selama pandemi yang jika digabung dengan sektor perdagangan, hotel dan restoran tumbuh sekitar 7 Persen. Dari angka tersebut sebesar 1,3 persen nya merupakan kontribusi pariwisata. "Memang selama pandemi kami tidak minus tapi plus namun plusnya tidak sebesar saat non pandemi," katanya.

Meskipun begitu disamping menumbuhkan ekonomi rakyat terpenting kata dia adalah penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang patut dijaga di tempat-tempat wisata yang ada di Tala. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only