Fervak SI-SDMK, Beberapa Puskesmas di Kalsel Masih Minim Dokter | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 17 Juni 2021

Fervak SI-SDMK, Beberapa Puskesmas di Kalsel Masih Minim Dokter

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel melakukan verifikasi Aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SI-SDMK).

Dalam aplikasi SI-SDMK memuat data mengenai tenaga kesehatan, data masyarakat yang terpapar Covid-19 dan data orang yang sudah tervaksinasi.

"Perlu kami rumuskan termasuk kriteria tenaga kesehatan," kata Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) Dinkes Kalsel, Akhmad Yani, Rabu (16/6/2021).

Selain itu, Fervak pada SI-SDMK sendiri dilakukan untuk memastikan tenaga kesehatan yang magang maupun honor sudah masuk dalam data.

Terlebih berdasarkan peraturan pemerintah pusat, yang mengharuskan semua Pusat Pelayanan Kesehatan (Puskesmas) memiliki tenaga dokter.

Akhmad mengatakan berdasarkan data yang diupdate pada Mei 2021 ada dua Kabupaten di Kalsel yang masih belum memiliki tenaga dokter, yakni Kabupaten Batola satu Puskesmas, dan Kabupaten Kotabaru ada delapan Puskesmas. "Padahal indikator kita di tahun 2021 harus semua puskesmas punya dokter," ucapnya.

Selain itu Puskesmas juga harus memiliki sembilan tenaga kesehatan strategis meliputi dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, dokter gizi, kesmas, kesling, farmasi, dan analis kesehatan.

Dan di beberapa kabupaten di Kalsel masih banyak yang belum melengkapi tenaga strategis tersebut. Seperti di Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kotabaru. "Itu salah satu indikator yang kita lihat," papar dia.

Selanjutnya, Rumah Sakit (RS) dengan tipe C di Kabupaten harus ada empat dokter spesialis dasar, dan tiga tenaga kesehatan spesialis penunjang.

Untuk empat dokter spesialis dasar seperti dokter penyakit dalam, kandungan, kemudian bedah. Sementara tenaga kesehatan spesialis penunjang diantaranya, anestesi, patrologi klinik, dan radiologi. "Ini yang harus dilengkapi di semua RS, baik itu milik pemerintah maupun swasta," pungkas dia. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only