61 ODGJ di Rumah Singgah Dinsos Banjarmasin Telah Divaksin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 25 Juni 2021

61 ODGJ di Rumah Singgah Dinsos Banjarmasin Telah Divaksin

BERITABANJARMASIN.COM - Setelah sebelumnya program vaksinasi Covid-19 menyasar ke lansia maupun pelayanan publik, kali ini menyasar ke Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Vaksinasi untuk ODGJ dilaksanakan di Rumah Singgah milik Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, di Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan. 

Kepala Dinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi menerangkan bahwa vaksinasi ODGJ hari ini berjumlah 61 orang. Jumlah tersebut berkurang dari vaksinasi ODGJ sebelumnya yang berjumlah 89 orang. "Kita targetkan seribu ODGJ yang harus divaksinasi," katanya, Jumat (25/6/2021).

Machli menjelaskan tidak ada batasan usia untuk ODGJ yang divaksin. Namun yang menjadi sasaran, adalah ODGJ yang selama ini selesai menjalani perawatan di RSJ Sambang Lihum. 

Di sisi lain, Jubir Satgas Covid-19 Kota Banjarmasin tersebut mengaku memvaksin ODGJ tidaklah mudah. Harus bekerja sama dengan lintas sektor, baik Babinsa, Bhabinkamtibmas hingga Satpol PP.

Menurutnya hal itu dilakukan karena tidak menutup kemungkinan ODGJ yang divaksin bisa saja mengamuk.  "Saat screening, pun kami meminta bantuan keluarga," ucapnya.

Kendati demikian ujarnya, tidak semua ODGJ bisa divaksinasi. Ia juga menilai ada skala prioritas. Misalnya, ODGJ yang divaksin mesti bebas dari komorbid atau penyakit penyerta. 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto menambahkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak dinkes untuk vaksinasi tersebut. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only