Dukung Germas, Dispora Kalsel Masifkan Program Kampung Olahraga | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Selasa, 04 Mei 2021

Dukung Germas, Dispora Kalsel Masifkan Program Kampung Olahraga

BERITABANJARMASIN.COM - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel, Hermansyah memaparkan kegiatan keolahragaan yang dilakukan Dispora dalam menunjang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Salah satunya membuat surat edaran terkait aktivitas fisik dengan meningkatkan olahraga rekreasi yaitu membentuk kampung olahraga. 

"Kedepan akan kita masifkan lagi, sehingga program germas ini bisa lebih masif lagi kemasyarakat," kata Hermansyah, Selasa (4/5/2021).

Kata dia, kampung olahraga di Banjarmasin sudah terbentuk di beberapa tempat dengan nama kampung bermain. Aktivitas masyarakat banyak yang memainkan permainan tradisonal.

"Kampung ini adalah bagian dari upaya kita untuk selalu memasyarakatkan olahraga, dan mengolahragakan masyarakat," ujar dia.

Menurutnya, olahraga rekreasi dilakukan sebagai bagian dari proses pemenuhan kesehatan kebugaran jasmani dan kegembiraan.

Olahraga rekreasi juga dapat dilaksanakan oleh setiap orang, satuan pendidikan, lembaga perkumpulan, atau organisasi olahraga. "Jadi tahun 2019 ketika kita mulai olahraga rekreasi ini sudah mulai masif di gencarkan di provinsi kalsel," paparnya.

Lebih lanjut, Hermansyah mengatakan olahraga tradisional sudah mulai berkurang dilakukan masyarakat, oleh karenanya olahraga ini perlu diangkat kembali. "Padahal sebenarnya olahraga ini cukup baik untuk melakukan aktivitas fisik," tuturnya.

Sehingga pada 2019, Dispora mulai masif kembali memperkenalkan olahraga tradisional tersebut. Dampaknya Kalsel berhasil meraih juara umum dalam kejuaraan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS).

Sedangkan di tahun 2020 sejak pandemi Covid-19, semua aktivitas kegiatan keolahragaan sudah semakin menurun, dan kegiatan keolahragaan Kalsel hampir berhenti. "Tapi kegiatan lainnya tetap kita jalankan secara mandiri," pungkas dia. (fitri/sip)

Ilustrasi: grid.id

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only