Mei Diprediksi Curah Hujan Tinggi, Dinas PUPR Banjarmasin Ingatkan Potensi Banjir Susulan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 18 April 2021

Mei Diprediksi Curah Hujan Tinggi, Dinas PUPR Banjarmasin Ingatkan Potensi Banjir Susulan

BERITABANJARMASIN.COM - Antisipasi banjir susulan, pemkot melalui Dinas PUPR Kota Banjarmasin melanjutkan program normalisasi sungai.

Saat ini dilakukan pendataan sungai di Banjarmasin untuk dilakukan pengerukan dan pembersihan agar tidak terjadi penyumbatan aliran. "Tugas normalisasi tetap berjalan," ucap Plt Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi Minggu (18/4/2021).

Doyo menerangkan pihaknya rencanakan refocusing atau realokasi anggaran di internal, agar program pemerintah dalam menanggulangi banjir di Banjarmasin terus berlanjut. Anggaran yang diupayakan pun tak sedikit, diperkirakan mencapai Rp10 miliar.

Dimana ada penambahan anggaran pada bidang sungai, dan juga adanya pergeseran dana Belanja Tak Terduga (BTT). "Kami upayakan Rp10 miliar, kalau tahun sebelumnya menggunakan anggaran seadanya," paparnya.

Apalagi awal Mei 2021 diprediksi akan terjadi curah hujan tinggi dengan kedalaman air pasang mencapai 2,4-2,7 meter. Tak hanya itu, sebagai antisipasi pihaknya telah  berkomunikasi dengan kecamatan maupun kelurahan. 

Untuk mengimbau masyarakat terutama yang bermukim di pinggir sungai agar bersiap dan waspada apabila terjadi banjir susulan. "Peringatan supaya lebih waspada," ucapnya lagi. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only