Labkes Kalsel Jamin Hasil Uji Labkes Valid | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 22 Maret 2021

Labkes Kalsel Jamin Hasil Uji Labkes Valid

BERITABANJARMASIN.COM - Laboratorium Kesehatan (Labkes) Kalsel lakukan pemantapan mutu internal (PMI) dan kontrol kualitas untuk menjamin hasil uji labkes valid.

"Artinya sebelum kita bekerja kita harus yakin bahwa alat yang kita pakai menghasilkan hasil yang valid," ucap Plh Kepala Seksi Mikro Biologi Dokter Arlan Prabowo, Sabtu (20/3/2021).

Dia mengatakan dalam uji PMI, labkes Kalsel selalu mendapatkan penilaian baik bahkan sangat baik."Jadi artinya hasil laboratorium yang kita keluarkan baik itu klinik maupun lingkungan sudah sesuai, kemudian semua layanan yang ada di sini mengikuti kegiatan akreditasi," ujar dia.

Selain itu labkes Kalsel juga mengikuti uji ISO 15189, yaitu standar internasional mengenai laboratorium medik yang terkait dengan pemeriksaan kesehatan manusia.

Kemudian untuk lingkungan ada dari kementerian lingkungan hidup dan kehutanan (KLHK) untuk laboratorium penguji ada 17025 berdasarkan standar internasional dari ISO SNI.

"Jadi kita pemegang 4 jenis sertifikat akreditasi, selain itu kita menjalani kegiatan kalibrasi alat kesehatan dan quality control berkala yang dilakukan oleh teknisi vendor alat," bebernya.

Kegiatan kalibrasi alat kesehatan dan quality control berkala dilakukan setiap enam bulan sekali, selanjutnya labkes mendapatkan sertivikat valibrasi.

"Labkes kita rata-rata menggunakan alat moderen baru atau otomatik. Secara berkesinambungan ada pergantian alat apabila dirasa sudah mulai lama kita ganti dengan tekhnologi baru selalu begitu," tutupnya.(Fitri)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only