Jalan Pile Slab Akan Dibangun di Jalan Veteran | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 10 Maret 2021

Jalan Pile Slab Akan Dibangun di Jalan Veteran

BERITABANJARMASIN.COM - Kegiatan normalisasi sungai pasca banjir yang terjadi di Kota Banjarmasin terus berlanjut. 

Pemkot Banjarmasin kini telah menyiapkan satu rencana agar jalan di kawasan Jalan Ahmad Yani dan Jalan Veteran, mudah untuk dilalui dan tidak terimbas banjir.

Menurut Plh Wali Kota Banjarmasin, H Mukhyar, untuk tahapan lanjutan normalisasi sungai di kawasan Jalan Veteran, Pemkot Banjarmasin berencana akan membangun jalan dengan menggunakan metode pile slab  di kawasan tersebut.

Pembangunan jalan tersebut akan dilakukan mulai kawasan Tempekong sampai kawasan Simpang Ulin, kemudian dilanjutkan hingga ke kawasan Jalan Kuripan. 

“Jadi ini sebuah jalan berbentuk jembatan dengan lebar tujuh meter. Untuk tahap pertama sampai simpang ulin dulu, setelah itu nanti berkelanjutan hingga Jalan Veteran,” ujarnya, saat ditemui usai rapat koordinasi penanganan paska banjir dengan instnasi terkait lingkup Pemkot Banjarmasin, Rabu (10/3/2021).

Sedangkan untuk di kawasan Jalan Ahmad Yani, terangnya lagi, normalisasi akan dilaksanakan dengan melakuka perbaikan siring. “Dari Dinas PUPR insya Allah siap melaksanakan perbaikan-perbaikan itu, dan kita juga sudah berkordinasi dengan Balai Jalan dan Balai Sungai,” katanya.

Terkait kapan akan dilaksanakan kegiatan tersebut, kembali, pria yang juga menjabat sebagai Plt Sekdakot Banjarmasin ini mengatakan, untuk pengerjaan perbaikan siring di sepanjang Jalan Ahmad Yani akan dilaksanakan setelah dilakukan pemantauan kawasan mana yang perlu pembenahan segera.

Sedangkan untuk pembangunan jalan dengan teknik pile slab, saat ini masih dalam tahap perencanaan dan menunggu pelaksanaan pelelangan.

Untuk diketahui, fondasi pile slab merupakan struktur fondasi yang ditumpu oleh sistem kelompok tiang pancang dan diikat oleh pile cap yang digunakan untuk menahan dan meneruskan beban dari struktur atas ke dalam tanah, yang mempunyai daya dukung untuk menahannya. (adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner