Susun RKPD 2022, Bappeda Tanah Bumbu Laksanakan Konsultasi Publik | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 03 Februari 2021

Susun RKPD 2022, Bappeda Tanah Bumbu Laksanakan Konsultasi Publik

BERITABANJARMAAIN.COM - Badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) melaksanakan Forum Konsultasi Publik, di Kapet Batulicin, belum lama ini.

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor mengatakan Forum Konsultasi Publik adalah merupakan rangkaian dari proses Perencanaan Pembangunan Daerah yang diamanatkan dalam Pasal 80 ayat 1 Permendagri Nomor 80 Tahun 2017.

Dalam pasal itu disebutkan bahwa rancangan awal RKPD, dibahas bersama dengan Kepala Perangkat Daerah, dan pemangku kepentingan dalam Forum Konsultasi Publik, untuk nemperoleh masukan dan saran penyempurnaan, terhadap prioritas dan sasaran Pembangunan Daerah.

"RKPD mempunyai peranan strategis dan penting, secara formal menjadi landasan penyusunan kebijakan umum APBD yang memuat rancangan kerangka ekonomi Daerah, rencana kerja yang terukur, dan pendanaannya, baik yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah maupun dengan mendorong partisipasi masyarakat," ungkapnya, Rabu (3/2/2021).

Pemerintah berharap, Konsultasi Publik ini harus betul-betul dapat menjadi forum yang menentukan arah kebijakan pembangunan, menjaring aspirasi para pemangku kepentingan yang akan dibahas bersama Kepala Perangkat Daerah untuk rancangan awal RKPD Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022.

Ia juga meminta agar Kepala SKPD untuk menterjemahkan visi dan misi, serta program unggulan Bupati terpilih dan diterapkan oleh perangkat daerah melalui program kegiatan yang disusun dalam Rencana Kerja Daerah (Renja) Perangkat Daerah.

"Sehingga rencana pembangunan yang akan kita laksanakan di Tahun 2022 nanti dapat tercapai sesuai dengan prioritas pembangunan daerah ini,” jelasnya. (adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only