IAI Kalsel Bangun 5 Unit Hunian Sementara Korban Banjir | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 15 Februari 2021

IAI Kalsel Bangun 5 Unit Hunian Sementara Korban Banjir

BERITABANJARMASIN.COM - Lima unit Hunian Sementara (Huntara) untuk korban banjir Kalsel yang dibangun Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kalsel memasuki tahap pembangunan.

Ketua Tim Relawan Arsitek Peduli Banua, Akbar Rahman mengatakan, hingga Minggu (14/2/2021) telah berjalan pembangunan sebanyak lima unit Huntara. Lokasi pembangunan Huntara tersebut terletak di Desa Baru, Wake, Kecamatan Batu Benawa sebanyak 3 unit. 

Sedangkan dua unit lainnya berlokasi di Desa Alat, Kecamatan Hantakan. Dari lima unit tersebut, tiga unit sumbangan dari berbagai donasi yang dikelola oleh IAI Kalsel dan 2 unit lain dibangun oleh Pemda Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

"Pembangunan Huntara di Kabupaten HST direncanakan akan dibangun sebanyak 11 hingga 12 unit. Dimana enam unit akan dibangun oleh Pemda HST melalui Dinas Perkim. Dan Sedangkan enam unit lainnya dibangun melalui donasi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kalsel," ucap Akbar.

Akbar mengatakan ada beberapa kendala ditemui dalam pembangunan Huntara ini seperti naiknya harga material bangunan, kondisi cuaca yang sering hujan serta sulitnya mobilisasi material karena jalan dan jembatan yang putus. Selain itu jumlah tenaga kerja yang tersedia juga masih minim. 

Meski beberapa hal ini menghambat proses pembangunan. Namun, Menurutnya tim terus mencari solusi agar pembangunan bisa cepat diselesaikan. 

"Seperti membawa material langsung dari Banjarmasin. Baik material yang dibeli oleh tim maupun material yang diberikan oleh berbagai pihak. Untuk mengatasi minimnya tenaga kerja, tim relawan juga memberdayakan warga lokal untuk terlibat dalam pembangunan," ungkapnya.

Selain itu, kata Akbar juga hadir relawan pembangunan dari Majelis Muhbbatussholihin Martapura dan Majelis Raudhatul Ikhwan Banjarbaru. "Sampai saat ini masih diperlukan pembangunan untuk lima hingga enam unit Huntara lagi. Karenanya masih diperlukan bantuan dari berbagai pihak. Baik dalam bentuk donasi maupun material bangunan," pungkas dia.

Selain itu, masih diperlukannya kehadiran para relawan, khususnya yang mempunyai keahlian dalam pertukangan dan konstruksi baja ringan. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner