Tanggulangi Banjir Lewat Sedot Air, Pemkot Banjarmasin Tambah Pompa Dumping | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Sabtu, 23 Januari 2021

Tanggulangi Banjir Lewat Sedot Air, Pemkot Banjarmasin Tambah Pompa Dumping

BERITABANJARMASIN.COM - Sudah sepekan lebih sejumlah wilayah di kota Banjarmasin digenangi air atau banjir, hal ini membuat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin meningkatkan upaya penanggulangan banjir lewat sedot air.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR, Windiasti Kartika, memaparkan sebelumnya sudah ada bantuan puluhan mesin pompa dari Barisan Pemadam Kebakaran swasta di kota Banjarmasin, menurutnya hingga saat ini terdapat 20 buah mesin yang bekerja memompa air di beberapa titik di kota Banjarmasin.
"Ada pompa bantuan dari teman-teman BPK yang bisa kita pergunakan untuk mempercepat pemompaan air di lapangan 20 buah pompa yang dapat beroprasi,"ujarnya.

Merasa harus menambah daya gedor, Dinas PUPR kata wanita yang akrab disapa Windi ini mesti melakukan pembelian pompa dumping 10 unit dengan diameter 6 inc, mesin pompa itu diyakininya mampu menyedot volume air yang cukup besar dengan ukuran kapasitas 150 kubik perjam.

Lanjutnya, Pompa dumping 10 unit tersebut akan di gunakan ditempat titik-titik strategis, bahkan pada hari ini sudah ada 6 unit yang di operasikan. "2 unit dibelakang tempekong, 2 unit di sungai kramat, dan 2 unit disamping play over sungai guring dekat kuliner baiman dan 4 unitnya lagi akan disebarkan dibeberapa titik," ungkapnya.

Selain itu, Windi mengatakan, proses pemompan air banjir di Kota Bajarmasin juga mendapatkan bantuan pinjaman pompa dumping dari beberapa pengusaha berupa 1 unit pompa ukuran 10 inc yang ditempatkan di sungai gardu dan berkapasitas 1000 liter permenit. Diharapkan bisa menarik air yang ada di kawasan jalan Pramuka, terminal pal 6 dan sekitarnya.

"Kemudian pada hari ini baru saja datang 2 unit pompa dumping lagi yang terdiri dari 1 unit dengan kapasitas 1000 liter permenit dan 1 unit dengan kapasitas yang jauh lebih besar yaitu 400-800 Liter perdetik. 2 mesin pompa ini digunakan untuk mempercepat turunnya air di kawasan jalan A. Yani dan sekitarnya," paparnya.

"Semoga ikhtiar penyedotan menggunakan pompa ukuran-ukuran besar ini bisa memberikan hasil sesuai harapan kita semua yaitu mempercepat turunnya air banjir, " tambahnya. (diskominfotik)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only