Masih Ada Warga Belum Terevakuasi, Wabup HST: Mohon Bantuan Prioritas! | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 16 Januari 2021

Masih Ada Warga Belum Terevakuasi, Wabup HST: Mohon Bantuan Prioritas!

BERITABANJARMASIN.COM, BARABAI -Bencana banjir yang melanda Kabupaten Hulu Sungai Tengah masih belum dapat tertangani dengan maksimal. 

Banjir yang mengakibatkan lumpuhnya Kota Apam ini terjadi seketika dan diluar dugaan sehingga banyak masyarakat belum siap.

Hingga saat ini (16/1/2021) masih banyak warga yang belum dapat dievakuasi. Sebagian warga masih berada dan terjebak di atas rumah dan kekurangan makanan/logistik. Hal ini di ungkapkan Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan. “Masih evakuasi yang belum terevakuasi, sekarang masih mengevakuasi warga," ujarnya.

Selain itu, pria kelahiran asli Barabai ini menyampaikan telah membentuk pos komando. “Pos komando dan tempat pengungsian utama di Stadion Murakata dan ada di Gedung Juang, selebihnya tersebar di berbagai kantor pemerintah daerah," paparnya.

Terkait dengan logistik, Berry menyampaikan hingga saat ini distribusi logistik sudah jalan walau mungkin belum merata, dapur umum juga sudah ada dimana-dimana.

Akses penyebaran logistik terkendala karena dalam dan derasnya arus air banjir sehingga tidak dapat diakses melalui jalur darat menggunakan mobil. Penyebaran logisitik seperti makanan dan bahan pokok lainnya harus menggunakan perahu/kelotok mesin, utamanya daerah yang ketinggian air tinggi. 

"Kami berharap pemerintah pusat, Pemprov Kalsel dan tetangga kabupaten lainnya agar HST dapat diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan berupa alat transportasi air, logistik bahan pokok, pakaian, dan lain sebagainya," tegas ia.

Pemerintah Kabupaten HST mengucapkan terima kasih kepada petugas dan relawan yang turut dan terus berjibaku membantu korban banjir. (rilis)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner