Dirlantas Polda Kalsel Sampaikan Rencana Pemberlakuan Tilang Elektronik | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 22 Januari 2021

Dirlantas Polda Kalsel Sampaikan Rencana Pemberlakuan Tilang Elektronik

BERITABANJARMASIN.COM - Ketua DPRD Kalsel, Supian HK menerima kunjungan Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kalsel Komisaris Besar Polisi Maesa Soergiwo SIK Kamis (21/1/2021). 

Pertemuan tersebut membahas pemberlakuan tilang elektronik (e-TLE) yang akan dilaksanakan di beberapa titik di Kota Banjarmasin.

Menurut Maesa program ini sebagai upaya mengurangi penilangan secara langsung di jalan terhadap pelanggar Lalu Lintas.."Kita akan coba di dua atau tiga titik untuk proses e-TLE ini di Kota Banjarmasin," ujarnya.

Disampaikannya dengan menggunakan program ini bagi para pelanggar akan langsung terakomodir masuk diserver Ditlantas Polda Kalsel yang terpantau melalui CCTV.

"Seluruh pelanggaran lalu lintas akan terekam tilang elektronik (e-TLE) seperti pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman (safety belt)," katanya.

Pihak Ditlantas akan memberikan sanksi setelah mengetahui nomor kendaraan atau mobil para pelanggar lalu lintas yang datanya sudah tercover di CCTV.

"Nanti kita bersurat dengan pelanggar tadi, mereka datang kita tilang, sehingga sistemnya tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat di jalan juga untuk mengurangi pungutan liar dan sebagainya," bebernya.

Menurutnya hal ini efektif guna mengurangi transaksional di masyarakat yang marak terjadi di tengah-tengah masyarakat. 

Pemberlakuan ini pun kata dia telah dilakukan di pemerintahan pusat sepeti Polda Metro Jaya DKI Jakarta yang telah memasang CCTV di ratusan titik di jalan yang terhubung dengan server Ditlantas.

Disamping itu, Ketua DPRD Kalsel, Supian HK mengatakan mendukung penuh program Ditlantas Polda Kalsel yang berkaitan dengan upaya memudahkan pelayanan bagi pengguna jalan. "Insya Allah ini akan dicoba di beberapa titik di Kota Banjarmasin," katanya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only