Pilkada Serentak 2020, KPU Kalsel Sebut Partisipasi Masyarakat Malah Meningkat | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 18 Desember 2020

Pilkada Serentak 2020, KPU Kalsel Sebut Partisipasi Masyarakat Malah Meningkat

BERITABANJARMASIN.COM - Komisioner KPU Kalsel, Edy Ariansyah mengatakan partisipasi masyarakat di Pilkada 2020 meningkat dibanding pada pelaksanaan Pilkada 2015 lalu.

"Terjadi peningkatan sekitar 0,33 persen dari
hitungan sementara kita partisipasi masyarakat di angka 66,67 persen dibandingkan Pilkada 2015  yang partisipasinya 66,34 persen," paparnya.

Dengan hal tersebut artinya partisipasi masyarakat meningkat walaupun dengan tantangan pandemi Covid-19 dan cuaca hujan saat pelaksanaan pencoblosan berlangsung.

"Saya mengapresiasi antusiasme masyarakat yang ikut berpartisipasi mengunakan hak pilihnya sesuai asas-asas pemilihan," ujarnya saat ditemui pada rapat pleno KPU Kalsel di salah satu hotel di Banjarmasin Kamis, (17/12/2020).

Adapun target yang ditetapkan KPU pada Pilkada 2020 ini sebesar 79 persen dari suara diberikan masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada pasangan calon kepala daerah.

"Target ini bertujuan memberikan pemantik semangat kepada jajaran kita untuk meningkatkan sosialisasi pendidikan pemilih guna meningkatkan kualitas pemilihan dan demokrasi di Kalsel," jelasnya. 

Disampaikan Edy ada beberapa kabupaten/kota yang memiliki partisipasi pemilih tinggi yaitu di Kabupaten Balangan, Tanah Bumbu, Hulu Sungai Tengah (HST), Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin. (maya/sip)

Ilustrasi: liputan6

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only